POLLING: 511, 811, 1111, 1811 Mana Tanggal di Bulan November yang Paling Cantik?

Akan ada perubahan besar dalam hidup saya di tahun 2018. Sejauh ini saya hanya lama di rumah sakit karena masalah lambung. Seingat saya lebih dari 6 hari saat lambung feat kandungan menghasilkan sakit combo luar biasa yang bikin saya muntah-muntah tidak terkendali. Kini track record dirawat di rumah sakit akan ditambah dengan kemungkinan menghadapi persalinan melalui proses operasi sectio caesaria. Saya menduga pasti ini karena karma nguping pembicaraan bapak-bapak airsoft gun beberapa waktu lalu di Barak Rindam Lawang!

View this post on Instagram

Sisa -sisa skirmish Ejag 3 2018

A post shared by Achmad Mustofa (@mustheater) on

Alkisah karena ditinggal orang serumah ke Jogja dan anak lanang diajak serta, saya ikut Pipinya menghadiri acara East Java Airsoft Gathering di Rindam. Masih dalam rangka bedrest, saya hanya nemplok di tempat tidur lipat barak yang dekat dengan colokan sambil membaca buku novel yang dibawa. Tidak mencari spot untuk foto-foto instagramable sekalipun. Saya lebih memilih diam di barak yang ada toiletnya. Barak ini disediakan untuk tempat istirahat dan gear up peserta gathering.

View this post on Instagram

tengok kanan???

A post shared by wahyushubuh ?. (@_wahyushubuh) on

Dalam ruangan barak yang sama, dari hening luar biasa tiba-tiba saja ada bapak-bapak muda peserta EJAG itu membicarakan kenapa anaknya berubah kelakuan seperti kucing. Kucing, harimau, apalah yang sejenis. Menyerupai itu pokoknya.

Jreng-jreng, suasana barak yang berada di lembah bukit itu pun mendadak mencekam. Tiba-tiba saja kayak jadi cerita misteri begitu ada yang menyahut: Maaf yo mas, dulu melahirkannya normal apa operasi sesar? Soalnya kata orang pinter, operasi sesar itu bisa bikin ‘pihak-pihak yang tidak diinginkan’ menyelusup ke jiwa anaknya.

Kuping saya langsung tegak mendengar pertanyaannya. Bapak yang satu lagi menoleh ke saya dan minta maaf kalau bikin saya resah karena sedang hamil. “Lho gapapa, saya jadi pengen dengar lanjutannya kok!” Sambil belajar minum air, begitulah.

Lanjutan ceritanya, bapak lain lagi mengiyakan kalau dia juga pernah mengalami. Istrinya melahirkan dengan persalinan sesar lalu anaknya berkelakuan tidak wajar. Dibawa ke orang pintar katanya ada jin yang masuk ke dalam tubuhnya, lalu disembuhkan dengan cara diruqyah. Kata sang orang pintar, ini ada yang mau jahat sama keluarga bapak, anaknya diserang guna-guna biar keluarga bapak nggak harmonis. Lalu bapak demi bapak-bapak ini pun sahut menyahut dengan kisah yang mirip penyembuhannya dilakukan dengan cara diruqyah dan saling memberikan nomor contact person orang pintar tersebut.

LHA!

Sebagai perempuan sebenarnya saya pengen aja membantah, persalinan dengan operasi itu wajar dilakukan kalau ada proses yang menyulitkan. Meskipun persalinan normal dinilai adalah cara terbaik untuk membawa bayi hadir ke dunia, karena proses persalinan ini akan memberi sinyal ke seluruh tubuh untuk melanjutkan perannya dalam proses menyembuhkan rahim dan jalan lahir, serta proses alami memberi makan pada bayi yang dilahirkan.

Tapi kalau dalam proses kehamilan terjadi hal yang menyulitkan, teknologi kedokteran sudah memberi pilihan bagi ibu-ibu untuk melakukan proses persalinan dengan cara operasi. Seperti terjadinya komplikasi medis yang mengancam keselamatan ibu dan bayi. Ini pun kejadiannya bermacam-macam seperti ibu sudah kelelahan karena bayi tak kunjung keluar meski ngeden berhari-hari, minimnya cairan ketuban, bayi dalam posisi sungsang, terjadi placenta previa yaitu posisi placentanya menghambat jalan lahir, dan masih banyak lagi.

Wajar ketika terjadi hal yang menyulitkan tersebut dokter pun memutuskan untuk melakukan operasi dalam persalinan demi keselamatan ibu dan bayi. Di luaran sana memang banyak yang bilang, “Dih melahirkan dengan sesar itu manja, pasti nggak sakit atau pengen vaginanya melar ya!” Ada juga yang bilang “Operasi sesar itu cuma bikin perempuan jadi ibu yang nggak sempurna!”

Kalau dalam cerita di postingan ini, operasi sesar itu mendatangkan jin ke dalam tubuh anak ya…

TRUS KAMU NGOMONG APA SAMA BAPAK-BAPAK ITU, NENG?

Saya ngomong… Takmbaca lanjutan novel saja wis... Menghormati kepercayaan orang adalah hal terbaik yang bisa saya lakukan. Dua dunia ini memang tidak bisa disatukan. Sambil elus-elus perut, saya berdoa semoga dilancarkan persalinan yang kedua ini. Apalagi janin dalam kandungan sudah pintar, sudah nggak sabar melihat dunia rasanya karena di bulan kedelapan itu dia memilih untuk membuka jalan lahir sehingga saya harus bedrest selama beberapa lama karena belum waktunya.

Lha tapi kok seminggu kemudian sewaktu kontrol rutin kepalanya kembali berada di atas!!! Yang mana berarti sungsang dan saya terancam menjalani persalinan dengan operasi kalau dia tidak kembali ke jalan yang benar.

Pada kontrol kehamilan berikutnya, posisinya tidak berubah sehingga dokter menyarankan untuk segera memilih tanggal operasi mengingat due date semakin dekat dan usia saya cukup berisiko kalau memaksakan persalinan normal. Hingga hari terakhir kontrol kehamilan saya masih mengusahakan berbagai posisi yang dianjurkan untuk mengubah arah janin yang sungsang.

Memang kalau dari modal googling aja ada banyak cara untuk mengubah posisi janin sungsang. Di antaranya posisi nungging dengan tangan lurus ke depan dan bahu menempel alas. Ini posisi yang paling gampang. Ada juga yang mengangkat pantat setinggi kursi sambil menarik nafas panjang. Yang paling sering dianjurkan untuk mengubah bayi sungsang adalah dengan posisi jongkok mengepel lantai. Inti dari semua gerakan ini adalah memberi ruang yang cukup bagi janin untuk bergerak memutar. Kalau mau ekstrim, ada juga yang berani memutar janin di dalam kandungan. Saya nggak berani, terlalu berisiko.

Kalaupun dia memilih untuk dilahirkan dengan operasi, yang bisa saya lakukan hanya mempersiapkan mental, dana persalinan yang membengkak, juga tanggal yang tepat. Yauda lah ya, kalau memang mintanya operasi, sekalian saja diatur di tanggal yang cantik untuk melahirkan.

Di bulan November 2018 ini ada beberapa pilihan tanggal buat yang mau memberi angka cantik di kelahiran bayi.

511 alias 5 November
Ini tanggal biasa saja untuk kebanyakan orang. Tapi untuk penggemar airsoft gun mungkin jadi tanggal yang bagus karena mirip dengan salah satu brand yang memproduksi perlengkapannya. 511-18.

811 alias 8 November
Kalau ditulis biasa saja gitu nggak kelihatan tanggal cantiknya bagaimana. Coba ditulis lengkap dengan tahun, 81118. Mau dibalik-balik, tetap tanggal cantik kan?

1111 alias 11 November
Ketika saya memilihkan dua tanggal cantik di bulan November 2018 di atas, teman-teman memberi tanggal lagi yaitu 1111, itu lebih cantik! Masalah tahun nggak usah dilihat lah!

1811 alias 18 November
Ini tanggal cantik juga di bulan November 2018! Jadinya 181118, berurutan dengan pas kan? Pas juga dengan tanggal lahir dokter kandungan yang saya jadikan rujukan. Di sisi lain, pas juga dengan Hari Perkiraan Lahir, jadi saya nggak mungkin memilih tanggal ini, hahaha.

Menurutmu, mana tanggal yang paling cantik untuk kelahiran di bulan November 2018? Boleh kasih ide nama juga lho di tiap pilihan tanggalnya. Tolong bantu saya yaaaa!

Sharing after reading, yes?

19 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *