Gaga Sudah Besar, Saatnya Memilih Koleksi Mainan Sesuai Usia Anak

Seperti anak yang bertumbuh pada umumnya, Gaga di usianya jelang 1,5 tahun ini  sangat menyukai kegiatan bermain sehingga saya tidak heran apabila banyak sekali koleksi mainan yang dimilikinya. Mainan anak ini juga beragam jenisnya karena biasanya bertambah disesuaikan dengan usia dan kebutuhan perkembangan Gaga. Saya memang ngga sembarangan membelikan mainan untuk anak. Seperti saran banyak pakar perkembangan anak, ada baiknya memilihkan mainan yang memang sesuai dengan tahap perkembangannya.
Saat ini juga sudah banyak toko yang menyediakan berbagai jenis mainan anak. Kendati demikian tidak semua mainan tersebut memiliki nilai edukatif. Ini menjadi PR bagi orangtua untuk lebih selektif memilih mainan. Sebaiknya selalu usahakan untuk memilihkan mainan yang nantinya juga turut berperan mendukung daya tumbuh kembang si kecil.
Mainan ini juga bisa dijadikan sebagai media belajar yang nantinya bermanfaat untuk menstimulus potensi anak. Apalagi Gaga sangat suka mencoba berbagai mainan baru, seperti waktu acara di Sahabat Anak Kanker beberapa waktu lalu. Hampir semua mainan yang disediakan panitia dia coba. Dari prusutan sampai mobil-mobilan.
Akan tetapi perlu diketahui bahwa anak memiliki tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang di setiap tahapannya membutuhkan stimulus yang berbeda-beda.

Memilih Mainan untuk Anak

Mencari Mainan Renang Bayi di Malang
Seperti yang sudah disinggung di atas, mainan untuk anak sangat bervariatif namun tidak semuanya memiliki nilai edukatif. Sehingga penting bagi kita orangtua untuk lebih cermat dan bijak ketika menambah koleksi mainan untuk anak. Jangan hanya karena lucu lalu membelinya begitu saja. Ada baiknya tetap mempertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli ya. Lebih lengkapnya ada sedikit uraian tips memilih mainan sesuai usia anak yang dirangkum dari berbagai sumber.
1. Anak berusia kurang dari satu tahun
Pada usia ini si kecil membutuhkan stimulus untuk merangsang daya tumbuh kembang panca indranya. Orangtua disarankan memilihkan mainan yang warnanya cerah dan yang bersuara. Tujuannya adalah agar indra penglihatan, pendengaran serta gerak motorik si kecil terangsang.
2. Anak berusia di bawah tiga tahun
Pada usia ini anak sangat aktif bergerak dan lincah. Pilihkan mainan yang dapat mendukung perkembangan motoriknya. Seperti sepeda, mobil-mobilan, bola, papan luncur, dan lainnya. Mengingat anak cukup aktif, upayakan untuk mendampingi dan mengawasinya ya.
3. Anak berusia 3-5 tahun
Usia ini merupakan tahapan pra sekolah bagi anak. Pada tahapan ini anak memerlukan koleksi mainan yang dapat menstimulus daya fantasi serta sikap sosialnya. Mainan yang bisa jadi pilihan misalnya masak-masakan, boneka, atau mainan lainnya yang memungkinkan anak untuk berimajinasi dan berdialog dengan teman bermainnya.
4. Anak usia sekolah
Ketika anak sudah memasuki tahapan sekolah formal, maka anak membutuhkan mainan yang mampu merangsang potensi kecerdasannya. Mainan yang disarankan adalah puzzle atau balok. Dengan mainan ini anak akan belajar tentang cara menyusun sebuah pola. Tetap dampingi anak mengeksplor mainan tersebut ya.
Terima kasih sudah diantar pagi ini, Mas Raga..
Demikianlah 4 cara memilih mainan sesuai dengan usia anak yang dapat diterapkan. Setelah memilihkan mainan yang tepat untuk anak, bukan berarti tugas orangtua sudah selesai. Selanjutnya orangtua wajib mengusahakan untuk mendampingi si kecil ketika bermain karena anak masih membutuhkan arahan dan bimbingan saat bermain. Apalagi dengan mainan baru, yang dipilihkan tadi memang sengaja dipilih untuk membantu memaksimalkan daya tumbuh si kecil.
Sekarang saatnya bagi kamu untuk memilih dan membeli mainan untuk menambah koleksi mainan anak. Jika tidak sempat pergi ke toko mainan, cobalah untuk  membelinya secara online melalui marketplace Bukalapak.
Di sana tersedia berbagai pilihan mainan anak yang bisa disesuaikan dengan usia si kecil. Kalau pun mau membeli boneka lucu di sana juga bisa lho. Dengan variasi harga dan kualitas yang ada tentu memudahkan kita orangtua mendapatkan boneka yang bisa menjadi teman bermain si kecil. Nah, mau beli mainan yang seperti apa sekarang?
Sharing after reading, yes?

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *