Es Sirup Roti Legendaris Kota Malang

Kalau ditanya es apa yang paling diingat saat ke Malang, apa kamu akan menjawab dengan Es Krim Toko Oen? Ngga salah sih. Spot kuliner di Malang ini memang jadi jujugan wisatawan lokal maupun mancanegara. Beberapa spot kuliner es legendaris lain seperti Es Gandul Tali Merang, Es Mocca Dempo atau Es Tawon, juga kadang menjadi pilihan. Untuk kali ini saya akan merekomendasikan es sirup roti yang dikenalkan teman-teman dekat selama tinggal di Malang ini. Lho, nggak asli Aremania?

Yee, baru tau? Ngga penting kaaan. Yang penting kamu harus tau ada es- es sirup ini yang sebenernya nggak menghapus dahaga hanya rasanya sih yang memang enak banget. Bentukannya seperti es doger tapi berbeda penyajian. Kalian sudah tau kepanjangan dari Es Doger kan? Itu lho Es Dorong Gerobak. Kalau es sirup legendaris di Malang ini kebanyakan tempatnya tidak berpindah, jadi dikenal banyak generasi.

Es Sirup Roti Jalan Sempu

Ada beberapa pilihan es sirup roti. Saya pilih dari yang pertama kali dicobain beberapa tahun lalu sewaktu masih aktif main sama teman-teman dari klub otomotif Malang. Saya diajak Pak John, pentolannya klub untuk mencari sekadar makanan. Eh dapatnya minuman di Jalan Sempu ini. Segelas es ketan hitam, agar-agar, dan serutan es bersantan diberi topping roti tawar tebal disemir sirup segera mengisi perut. Saya pesan dua gelas waktu itu. Mumpung ditraktir.

Puluhan tahun kemudian, es sirup roti ini ternyata masih menjadi primadona di jajaran kuliner legendaris kota Malang. Saya lupa berapa harga per gelasnya dulu, sekarang sih 4000 dengan tambahan 1000 kalau tidak puas dengan 1 roti tawar.

Cara makan roti tawarnya ini juga beda-beda masing-masing pembeli. Ada yang suka disuwir, dicelupin ke dalam gelas es, atau dimakan terpisah. Saya sukanya dicelup sampai klomoh, baru dimakan. Jadi jangan lupa bawa tissue basah kalau makan es sirup di sini.

Es Sirup Roti SMK Grafika

View this post on Instagram

Melanjutkan serial es setrup legendaris di Malang, kali ini mampir ke yang deket SMK Grafika. Katanya lokasinya di sebelahnya persis. Sebenernya mikir, sebelah sebelum apa sesudah sekolahan? . Sebelum kalau dari RSI Aisyah. Sesudah kalau dari Pasar Comboran. Harganya sama, 4000an dengan 1 roti tawar. Nambah roti per slice 1000 juga. Kapan2 kayaknya saya bawa roti tawar sendiri sebungkus deh soalnya enak kalo dicelupin ??. Btw, di pak es yang ini ada kursi2nya kok. Tempatnya juga lapang. Saking aja parkirnya kemepetan, perutnya ga bisa diajak keluar. . #Imho lebi suka es setrup di Sempu dari yang ini. Setrupnya rada beda. . #kulinerdimalang #kulinerlegendarismalang #malangkuliner #kulinermalang

A post shared by NengBiker (@neng_biker) on

Kadang ada pertanyaan tersendiri kenapa yang jual es roti ini kebanyakan berada di daerah Kota Lama. Di dekat sini katanya juga ada di depan RSI Aisyah. Saya coba yang di dekat SMK Grafika sesuai petunjuk Ikiule. Dari harga sama lah dengan yang di Sempu. Sementara rotinya tampak lebih tebal daripada pilihan pertama. Soal rasa, saya pilih yang di Sempu.

Es Sirup Roti Jalan Selorejo

Nah yang ini rekomendasi dari Yuwono Oktav, salah satu penghuni permukiman di jalan bunga-bungaaan. Yuyuw ini juga pentolan kuliner kota Malang sehingga rekomendasinya perlu dicari.

Es sirup roti yang dicoba ketiga ini memang pas persis di pojokan perempatan Jalan Selorejo. Kata suami, dia sering beli jamu Kencono Wungu deket situ. Meski tempatnya ngga senyaman dua es lainnya, ternyata saya memfavoritkan es sirup ini lho. Beda sih, selain disajikan dengan mangkuk ayam jago, bapak penjual memberikan sentuhan yang berbeda.

Di masing-masing mangkuk esnya diisi bubur kacang hijau yang enak banget, bubur kacang hitam, agar-agar, es santan serut, sirup baru roti tawarnya. Tidak lupa disemir dengan sirup merah manis seperti es lainnya. Dengan harga 4000 per porsi dan tambahan roti tawar 1000 per lembarnya, pas banget buat brunch bukan buat nge-es siang-siang. Soalnya jadi kenyang!

Beberapa pilihan es ini engga ada di listing kurir makanan GoFood atau GrabFood. Jadi kamu harus membeli sendiri di lokasi. PR banget yak? Makanya akan selalu menjadi legendaris karena membutuhkan usaha tersendiri untuk mencicipi segelas atau semangkuk esnya.

Kira-kira masih ada lagi nggak ya es sirup roti yang sejenis dengan ini?

 

 

 

Sharing after reading, yes?

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *