“Masa Lupa Sama Suaraku?” Hati-Hati Modus Penipuan Baru

Ini postingan penipuan kode verifikasi Go-Jek belum reda, sudah mulai ada lagi modus penipuan baru. Kalau penipuan transfer mandiri e-cash sudah ramai ya, sekarang penipuan lewat telepon dengan kalimat ‘Masa lupa sama suaraku?’ mulai dialami teman-teman di sekitar saya. Ule hari ini mengabarkan dia baru saja ditelepon dan memilih menutup daripada kena hipnotis. Jadi ini penipuan dengan cara menghipnotis?

Sepertinya demikian. Kalimat ‘Masa lupa sama suaraku?’ terus diulang-ulang dari awal penelpon menghubungi Ule. Kalau dulu mungkin bisa dibilang modus kenalan acak dari nomer hape yang asal didapat, sekarang nadanya kayak teman yang sudah lama tidak bertemu.

Di lain sisi, Sandy juga komentar temannya ditelpon dengan nada yang sama memakai kalimat “Halo ingat saya nggak?”. Setelah itu alurnya sama, penelpon di seberang ketawa-ketawa sama temannya. Seolah menggoda kita yang lagi ditelepon karena lupa.

Waduh, kalau tipe-tipe ramah kayak saya gini, bisa jadi akan kebawa. Ada nggak sih yang pernah menerima telepon seperti ‘Masa lupa sama suaraku?’ atau ‘Halo ingat saya nggak?’.

Dari penelusuran di google, modus ini ramai dipakai penipuan di medio 2013-2016. Hmmm, modus ‘Masa lupa sama suaraku?’ pun direcycle ya untuk menipu orang-orang lainnya di tahun 2017 ya.

Pintarnya mereka para penipu ini adalah mengikuti apa yang kamu jawab dari setiap pertanyaan mereka. Mungkin menyebutkan kota tempat kuliah, dia akan menyambar dengan ingat ngga kita pernah sekosan, dan lain sebagainya. Kalau kamu tidak ingat, mereka akan menyebut 1-2 profesi yang umum diambil seseorang. Salah satunya polisi, sehingga kamu calon korbannya tidak menyangka dia akan menipu.

Kasus lainnya, si penipu pura-pura sedang tertangkap karena menemukan barang berharga dan memerlukan orang lain sebagai saksi bahwa dia memiliki barang tersebut. Lainnya lagi, ada yang mengaku sedang di Bea Cukai dan barangnya tertahan dan memilih dilelang saja dengan harga murah. Setelah diikuti diikuti apa yang dibawa penipu untuk disampaikan ke korban, ada saja yang diperas diminta belikan pulsa, atau diminta membeli barang yang dia tawarkan.

Pada akhirnya tentu tabunganmu yang akan dikuras entah untuk membeli pulsa atau mentransfer harga barang. Penipu ‘Masa lupa sama suaraku?’ ini memang pintar banget membaca karakter. Jadi kalau misalnya kamu mendapat telepon dari orang yang mengaku kenal tapi kamu nggak kenal dan ngomongnya mbulet-mbulet ‘Masa lupa sama suaraku?’, tutup saja.

Daripada jadi korban penipuan ‘Masa lupa sama suaraku?’ dan hilang berjuta-juta. Ya kan?

DAPAT SMS ANEH GO-JEK VERIFICATION CODE, PEMBOBOLAN ATAU PENIPUAN?

 

 

Sharing after reading, yes?

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *