Bertemu Kera Penjaga di Goa Kreo Semarang, Berani Coba?

Sama seperti jalan hidup manusia, setiap goa di Indonesia pasti memiliki cerita tersendiri. Dari Goa Gong di Jawa Timur, Goa Jatijajar di Jawa Tengah, hingga Goa Jomblang di Yogyakarta. Begitupula dengan Goa Kreo. Goa di Semarang ini menyimpan cerita tersendiri yang dipercaya secara turun temurun oleh masyarakat setempat. Apa ya cerita yang disimpan di Goa Kreo?

Jika kamu sedang berkunjung ke Semarang, sempatkan diri untuk melanjutkan perjalanan ke arah Sampangan atau Sampokong. Di sini, kamu akan melihat petunjuk jalan menuju Goa Kreo yang dipercaya sempat menjadi petilasan salah satu Wali Songo, yaitu Sunan Kalijaga.

Di Goa Kreo, kamu akan disambut oleh kera-kera berekor panjang yang ramah dan lincah. Liburan ke Goa Kreo tak hanya akan memanjakan mata dengan pemandangan alam yang masih asli, melainkan juga membuat kamu bisa berbaur lebih akrab dengan alam sekitar.

Kera-kera yang banyak terdapat di Goa Kreo adalah kera penjaga atau pemelihara. Menurut riwayat yang dipercaya secara turun-temurun, saat Sunan Kalijaga mencari kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak, beliau bertemu dengan kera-kera yang menawarkan diri untuk membantu. Setelah kayu jati didapatkan, kera-kera ini meminta untuk diajak oleh Sunan Kalijaga, tetapi ditolak.

Sebagai ucapan terima kasih, kera-kera ini diberikan julukan sebagai kera yang ngreho (bahasa Jawa, artinya menjaga atau memelihara). Kawasan hutan dan goa tempat kayu jati ini didapatkan, disebut sebagai kawasan Kreo hingga sekarang.

Jalan-jalan ke Goa Kreo tidak hanya memberikan kesan karena cerita latar belakangnya, melainkan juga memberi kesan karena keunikan struktur goanya. Goa Kreo memiliki kedalaman goa sepajang 25 meter. Tak jauh dari Goa Kreo, terdapat Goa Landak yang hanya terletak 10 meter di sebelah kanannya.

Jika kamu ingin menemukan titik petilasan Sunan Kalijaga di Kreo, kamu bisa menaiki bukit Kreo sampai menemukan sebuah monumen batu. Nah, monumen inilah tempat berkumpulnya Sunan Kalijaga dengan kera-kera baik hati yang membantunya mendapatkan kayu jati.

Dari cerita sejarah Goa Kreo itu, pasti bikin pengen lihat langsung gimana kera-kera di sana ya. Kalau kamu tertarik untuk wisata di Goa Kreo, kamu bisa mencatat lokasi goa ini. Goa Kreo terletak di Jalan Raya Goa Kreo, Kandri, Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Tiket masuk ke Goa Kreo sangat terjangkau. Kamu cuma perlu membayar Rp. 4000,- per orang, super murah kan?

Saat berkunjung ke sini, jangan lupa untuk menyimpan baik-baik barang bawaan kamu, terutama makanan. Kera-kera penjaga yang berkeliaran di kawasan Kreo cukup usil dan sering mengambil makanan milik pengunjung. Namun, jika kamu memang menyukai binatang dan tak keberatan untuk ‘dirampok’ oleh kera-kera lucu ini, kamu pasti tidak akan betah untuk bermain-main dengan mereka.

Mengunjungi Goa Memang menyenangkan, namun terkadang orang sering melupakan makna dari perjalanan karena terlalu sibuk selfie. Tidak masalah untuk mengabadikan momen indah di suatu tempat, tapi jangan lupa, goa biasanya memiliki beberapa titik licin yang bisa membuat terpeleset saat lengah. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati saat menapakkan langkah di Goa Kreo yang indah ini.

Berlibur ke Goa Kreo akan membuat pikiranmu rileks dan terlepas dari kepenatan. Pemandangan di goa ini benar-benar masih alami. Kamu akan melihat banyak pepohonan hijau, perbukitan, dan tebing-tebing curam. Goa Kreo juga cocok banget untuk kamu yang ingin melarikan diri dari rutinitas sehari-hari, sebelum kembali pulang dalam keadaan yang fresh dan tenang.

Jadi, sudah siapkah kamu untuk berangkat ke Semarang dan mengunjungi Goa Kreo? Kalau kamu masih bingung di mana bisa mendapatkan promo tiket pesawat, kamu bisa langsung membuka indonesiaflight.id. Di sana tersedia bermacam promo tiket pesawat murah dari semua maskapai resmi.

Selamat berlibur, ya!

Sharing after reading, yes?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *