Dapat SMS Aneh GO-JEK Verification Code, Pembobolan Atau Penipuan?

Apa sih yang nggak bisa ditipu jaman seperti sekarang ini? Status menikah saja bisa disulap, apalagi cuma sekadar teknologi yang dibuat dari kepintaran manusia. Rasanya minggu lalu baru saja baca-baca kasus penipuan dengan kode verifikasi yang dikirim ke ponsel, sepertinya semalam kok juga akan mengalami ditipu juga. Bedanya kasus penipuan kode verifikasi sebelumnya menyedot pulsa hingga ratusan ribu, pengiriman go-jek verification code yang kami alami semalam kok rasanya belum tahu tujuannya apa ya.

Begini kronologis dugaan pembobolan atau penipuan dengan GO-JEK Verification Code semalam.

1. Suami memiliki 2 nomor aktif di ponselnya. Yang berplat kuning dia gunakan untuk mendaftar akun gojek. Nomor satunya hanya digunakan untuk komunikasi telpon dan sms.

2. Di tengah acara tahlilan, ada SMS aneh GO-JEK Verification code masuk jam 19.11 ke nomor suami.

3. Tidak lama ada telepon masuk dari nomer +6281273987369 yang menanyakan SMS Go-Jek Verification Code ke nomer suami. Kata si penelpon dia salah memasukkan nomer suami untuk mendaftar akun baru di aplikasi Go-Jek. Karena rangkaian acara tahlilan belum selesai, dijanjikan akan dikirim via sms kodenya.

4. Nomer tersebut telepon lagi berulang kali, waktu diangkat dia meminta kode verifikasi kedua yang katanya dikirim oleh Go-Jek juga. Saya yang ada di sebelahnya jadi kepo kenapa penelpon ngotot banget minta nomer kodenya. Telepon pun diset loudspeaker.

5. Kode verifikasi kedua masuk pukul 19.24 saat si penelpon masih ngotot minta nomer kode yang pertama.

6. Mengingat baru saja membaca penipuan bermodal salah kirim kode verifikasi, demi malas menanggapi kengototan si penelpon, saya menyarankan suami untuk menutup telepon demi menghindari kemungkinan penipuan lebih lanjut.

7. Penelpon tidak menelpon lagi.

Kejadian ini sepertinya belum ada yang mengalami, karena nggak ada kasus sejenis yang bisa dijadikan rujukan sewaktu digoogling. Yang mirip-mirip sih ada kasus pembobolan akun Go-Pay yang kemudian diperjualbelikan saldonya di jejaring sosial. Jadi semakin penasaran kan bagaimana kalau memang nomer orang bisa didaftarkan untuk akun Go-Jek, apa yang akan terjadi selanjutnya ya?

Sambil menulis┬ákronologis pengiriman kode verifikasi ini saya juga mengirim kronologis ke email ke customer care Go-Jek. Namun jawabannya tidak memuaskan, kok malah informasi mitra gojek ­čśÉ

Selamat Sore Ibu NengBiker

Terima kasih telah menghubungi GO-JEK Indonesia. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda.

Namun dapat kami informasikan, mengenai pertanyaan yang berhubungan dengan Mitra GO-JEK dapat langsung menghubungi ke driversupport@go-jek.com untuk GO-RIDE & gocardriversupport@go-jek.com untuk GO-CAR.

Salam,

Gusti Ayunanda
Customer Care GO-JEK Indonesia
Follow us on Twitter @gojekindonesia

Salah satu teman yang berkecimpung di bidang IT bilang, backdoor dari kode verifikasi ini memang tetap social engineering. Dari nomer telepon dan nomer suami yang dibandingkan kemiripannya ya nggak mirip sama sekali. Lagipula kalau misalnya salah memasukkan nomer ponsel, user yang beneran pasti bisa login ulang dengan mengganti nomer yang benar, tidak harus ngeyel dengan nomer salah sebelumnya. Kalau kode verifikasinya memang resmi dari Go-Jek, bisa jadi akun dengan nomer yang dituju bisa dipakai si penelpon dengan sesuka hati.

Moral of the story, saya masih belum dapat jawaban yang memuaskan. Yuk lebih hati-hati aja sama akun-akun bersaldo kita yang bertebaran di berbagai aplikasi.

81 Comments

  • Barusan kakak saya juga mengalami hal yg sama.. tapi karna kakak saya orangnya selalu curiga, jadi si penipu malah dimarahi dan dibentak oleh kakak saya hahaha si penipu tadinya tetap kekeh nanya kodenya tapi lama lama dia mungkin cape dibentak kakak saya dan di tutup telfonnya

  • Barusan sy juga mengalami hal yg sama,sbelumnya udah 2x ada sms masuk dr gojek yg kirim kode verifikasi. Baru siang ini ada yg telp dr nmr hp yg ga sy knal,minta kode verifikasi tsb krna dia beralasan mau ambil paket kamera yg entah dmn. Dr awal sy sdh curiga akan hal ini&tdk memberikan kode tsb. Mohon untuk pihak GOJEK agar lebih aware lg dgn laporan dr cust

  • saya barusan mengalami hal yang serupa. tapi sayangnya kode nya keburu saya share. ada solusikah biar akunnya tidak disalah gunakan karena saya sudah hubingi cust go-jek eh malah jawabannya tidak bertanggungjwb atas penyalahgunaan akun. tanpa kasih solusi

    • Sama saya juga.. Udh smpet di share… Tpi saya cmn download app gojek blm prnh di pake..

      Stlh share dan dpt tlp itu saya lngsung hpus app.a

  • Toko Nasa Home, your verification code for GO-JEK LOGIN is 6027 . Security Warning: DO NOT share this code with ANYONE.
    Pengirim gojek.
    Abis itu gk lama ada yg nelpon : 0815-1943-0777
    Ngaku2 dr gojek katanya ane dpt hadiah 500rb, truz orgnya nyuruh ane langsung ke atm terdekat.
    Dr pd ngaledenin orang gajebo.
    Mending ane matiin aj tlp’nya.
    Waspadalah,, penipuan gojek mulai berjamur

  • your verification code for GO-JEK LOGIN is 6027 . Security Warning: DO NOT share this code with ANYONE.
    Pengirim gojek.
    Abis itu gk lama ada yg nelpon : 0815-1943-0777
    Ngaku2 dr gojek katanya ane dpt hadiah 500rb, truz orgnya nyuruh ane langsung ke atm terdekat.
    Dr pd ngaledenin orang gajebo.
    Mending ane matiin aj tlp’nya.
    Waspadalah,, penipuan gojek mulai berjamur

  • Saya juga mengalami hal yg sama di telpon sama no ini +62 877-9639-1735, setengah sadar saya baru bangun tidur di telpon sm no di atas minta kode verifikasi kode gojek, penelfon bilang salah memasukan nomer lalu saya share bgtu saja ke orang yg telpon saya td. Costomer service gojek apakah ada solusi masalah ini? Apakah akibat nya dgn no yg sama punya?

  • iya saya juga baru aja mengalami hal yg sama. di tlpn katanya dpt uang thr 1jt dr gojek. trs dpt sms jg verifikasi dari gojek. ane di tlpn sm nmr 0816222541. terlanjur ane kasih kodenya. duhh jd bingung nih ane.. gmn yah

    • akhirnya gimana kak selanjutnya. soalnya teman saya juga kayak gitu barusan dan gak tau harus gimana karena sudah twrlanjur share kode

  • Teman saya sudah mengalaminya tgl 30 Juni yg lalu dan gopay nya sukses pindah tangan. Setelah tersangka berhasil login di HP nya, dia akan mentransfer saldo gopay korbannya. Sudah disampaikan ke pihak Gojek, tapi mereka tidak bisa melacak transfernya ke mana.
    Menurut saya sih tersangkanya adalah driver gojek yang pernah kita pakai jasanya. Mereka akan login dengan no HP yang mereka tau ada saldo gopaynya (mereka tau karena kita pernah bertransaksi dengan menggunakan gopay). Jadi kalau dikatakan bahwa tersangkanya me;lakukan secara random memang benar, tapi tidak sembarang random karena yang mereka sasar adalah yang mempunyai saldo gopay. Laporan teman saya sudah lebih dari 1 minggu tidak ada tanggapan yang memuaskan (katanya akan ditindaklanjuti dan dikabari via email). Yang bikin kesal lagi adalah tiap kali kirim email ke Gojek, jawabannya adalah standar sekali dan seakan mereka hanya copy paste jawaban email saja.

  • barusan dapat call yg sama persis dengan kejadian temen teman diatas..

    agar lebih aware
    sepertinya sindikat sudah punya account phone yg terdaftar gojek

  • Aslii barusan juga saya di telepon awalnya ga saya kasih tuh tapi dia ngoto ya udah saya kasih, tapi saya lig out lagi biar kodenya ganti terlanjur ngasih sih tapi yaudah lagian saya gapunya go pay .. kalian hati hati yang baca ini no penipunya 085108489933 bantu block tuh org

  • Ini juga nih. Hati2 sama nomor ini. Ane dpt telepon ngaku2 officer gojek. Minta kode segala. Langsung ane riject aje.
    +6282179431853

  • Barusan sy jg ngalamin..ini nmr penelponnya 081377997811
    Dan udh trlnjur share kodenya
    Tlo ke CS gojek malah nmrnya ga bsa dihubungi..
    Selain ambil saldo gopay kode ini disalahgunakan utk apa ya?

  • Barusan searching, dpt info dr google kalo nmr tlp si tukang tipu bsa langsung diblok oleh providernya dgn cara qt kirim sms ke providernya
    Contoh kalo nmr sipenipu memakai telkomsel :
    Kirim sms ke 1166 format: Penipuan#notlpsipenipu#isi penipuan

    Apabila lbh dr 2 orang yg melaporkan otomatis nmrnya akn langsung diblokir oleh providernya

  • saya juga habis kena penipuan ini. nomer penelepon yang meminta kode 082123131212… gopay saya tiba2 ditransfer ke akun atas nama juana 081958036073

  • saya juga 2 hari ini di kirimin sms kode verifikasi Go-Jek,… trus kmd ada tlp sipenipu No. nya = 085789895937,…. hati hati dg no ini,..

  • Persis sama, barusan saya dapet sms & telfon dari nomer 081927652399 yang mengatas namakan GO-JEK, katanya sih saya dapet tv LED GRATIS !! si penelfonnya kasih tau nama dia siapa, kantor cabang gojeknya dari mana, dll (pokoknya kaya customer service gitu deh) dia bilang caranya gampang untuk mengambil hadiahnya tsb, tinggal sebutkan kode verifikasi yang baru saja dikirimkan via sms tadi, maka hadiahnya akan diantarkan langsung ataupun bisa diambil di kantor GOJEKnya langsung.
    hmmm…. karena saya merasa ada yang gak bener, sayapun bilang kalo saya lagi sibuk jadi gak bisa buka sms sambil nelfon, nanti saja saya bukanya, terus dia marah dan bilang harus sekarang konfirmasinya atau hadiahnya dicancel !! ya saya bilang balik, CANCEL AJA mas lagian saya juga gak butuh hadiah gratisan!, eh langsung di matiin telfonnya.
    satu kata buat yang pernah/punya akun GOJEK sebagai driver atau pengguna… WASPADA !!!

  • Barusan jg ditelpon +6281250401389 ..minta no verifikasi..gak sy kasih..alesan salah kirim pulsa game online..emgnya sy bodoh,sy ajak ngobrol ngalor ngidul muter2 smpe dia mohon2,mayan abisin pulsa dia..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *