Riset Iseng Antara Monitor Komputer LED Dibanding Monitor LCD

Ada berapa jenis layar yang kamu kenal? Layar kaca, layar tancap, layar lebar atau lebih sering kontak dengan layar computer? Semakin ke sini, perkembangan teknologi layar computer pun menarik buat dicermatin. Kalau beberapa waktu yang lalu monitor computer yang sempat menjadi primadona adalah monitor LCD, sekarang kayaknya sudah ramai dengan hadirnya monitor LED. Apa keunggulan dan kekurangan antara monitor LCD dan monitor LED computer ya?

Contoh Monitor LED (c) MatahariMall

Saya tebak sampai saat ini kamu kamu pengguna computer masih memakai monitor LCD? Tapi memakai monitor LED saat memilih TV, benar? Tapi beberapa juga pasti sudah menggunakan monitorl LED buat mainan computer.

Sebenarnya monitor LED sendiri dikembangkan dengan teknologi yang hampir sama dengan LCD, namun untuk pencahayaannya LED memilih untuk menggunakan cahaya emitting diode. Monitor LED ini sendiri memiliki kelebihan utama yaitu lebih hemat dalam penggunaan listrik, serta akan menghasilkan gambar yang lebih jernih dan akurat.

Biar nggak bingung, beberapa perbandingan monitor LCD dan LED bisa dikupas dari poin-poin berikut:

Kedalaman Pencahayaan dan Warna

Perbedaan yang lebih mencolok dari monitor LCD dan LED adalah dalam pencahayaan dan warna. Di dalam monitor LCD jika menampilkan warna hitam putih akan terlihat tidak jelas, nah pada monitor LED ini dapat menampilkan warna hitam putih dengan ratio yang lebih tinggi yang akan mempengaruhi seluruh gambar yang muncul lewat monitor LED.

LED Lebih Ramah Lingkungan

Ini yang baru saya ketahui, ternyata monitor LCD bukanlah monitor yang ramah lingkungan. Pada saat layar LCD-nya dinyalakan, akan terbentuk uap merkuri bertekan rendah yang dihasilkan dari tabung-tabung yang berada di dalam monitor LCD tersebut. Sedangkan pada monitor LED sudah mendapatkan pengakuan dari energystar karena tidak menggunakan bahan merkuri selama proses pembuatannya.

LED dan LCD, Mana yang Lebih Nyaman?

Cobalah membandingkan monitor LED dan LCD di toko komputer. Rasakan bagaimana otot mata beradaptasi dengan keluarannya barang 5-10 menit di depan layar. Bagi saya yang sehari-hari berada di depan monitor, monitor komputer LED merupakan pilihan yang tepat buat dimiliki. Computer dengan monitor LED terasa lebih nyaman di mata. Sedangkan monitor LCD tidak menghasilkan gambar yang halus sehingga akan membuat mata cepat lelah.

Buat Saya, Penampilan yang Utama

Dan bagi kami perempuan, size does matter, right? Secara penampilan, ukuran dan dimensi monitornya sendiri, monitor LED lebih tipis dibandingkan dengan monitor LCD sehingga terlihat lebih cantik dan elegan dari monitor LCD. Untuk kontras warnanya juga bisa jauh lebih tajam dibandingkan dengan monitor LCD.

Monitor LED (c) MatahariMall

Monitor LED memang banyak digunakan untuk para pekerja design grafis dan yang banyak berhubungan dengan gambar. Manfaatnya akan lebih terasa dibandingkan dengan pekerja biasa yang banyak melihat text. Tapi kalau kamu pengen berlama-lama di depan layar computer, buruan pilih-pilih sendiri monitor LED ini dengan mengunjungi mataharimall.com untuk berbagai macam pilihan monitor LED lainnya.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *