5 Cara Menyewa Apartemen Untuk Diri Sendiri

Bicara tempat tinggal, saya lagi pengen banget nyobain tinggal di gedung seperti apartemen. Maklum, edisi ABG penonton setia serial FRIENDS, tinggal di apartemen kayaknya menyenangkan bareng teman-teman. Tapi yang jadi bahan pikiran pasti sih tentang bagaimana caranya menyewa apartemen, dan trik negoisasi harga demi mendapatkan fasilitas seperti yang dibutuhkan.
Belajar dari teman yang pernah tinggal di apartemen, ada sedikit panduan cara menyewa apartemen untuk diri sendiri. Seperti ini tipsnya:

Jangan sungkan berunding langsung

Bagi orang yang agak malas ketemu orang baru untuk ngomongin harga, perundingan harga sewa apartemen sebaiknya dilakukan dengan tatap muka langsung. Nggak usah lewat telpon atau berbalas pantun di email. Ketemu dengan penyewa langsung untuk negoisasi harga sewa bisa ngasih banyak keuntungan. Tipsnya, bikin janji dulu biar kelihatan profesional untuk menghargai waktu orang lain sebagai pemilik apartemen.

Biar gimana, PENAMPILAN ITU PENTING

Sopan dan rapi, citrakan diri sendiri sebagai orang yang bertanggung jawab dan dapat merawat apartemen yang akan disewa nantinya. Mulailah dari tahap survey ala-ala, hingga pertemuan dengan pemilik apartemen untuk negoisasi harga sewa. Dari sini kamu juga bisa menghargai diri sendiri sebagai orang yang dewasa dalam menentukan keputusan sendiri.

Buktiin kamu memang seorang yang layak menyewa apartemen

Ada baiknya sebelum ketemu pemilik apartemen sewa, siapkan dulu berkas-berkas pentingnya. Mulai dari catatan keuangan, slip gaji, cetak buku tabungan juga misalnya. Kamu juga bisa ngasih gambaran tentang kemampuan finansial dengan bercerita latar belakang dari tanggungjawab di sisi pekerjaan, kehidupan pribadi beberapa bulan terakhir, dan gaya gaul misalnya. Ini akan membantu pribadimu terlihat sebagai seorang yang ideal dan dapat diandalkan.

Tunjukkan sisi positif

Seperti di pekerjaan dan pergaulan, menunjukkan sisi positif terkait kepribadian dapat meyakinkan pihak pemilik apartemen sewa kalau kamu merupakan orang yang bertanggungjawab.

Pikirkan secara matang untuk memakai penjamin

Penjamin dapat berfungsi sebagai jaminan ketika kamu lagi mengalami keadaan keuangan yang nggak baik. Penjamin dapat membantumu menggunakan namanya untuk bertanggungjawab pada pihak pemilik apartemen sewa kalau kamu nggak mampu membayar biaya bulanan di kemudian hari.

Nggak susah kan proses sewa apartemen itu? Apalagi kalau kamu memang sudah berniat, pasti tips-tips di atas gampang banget dilakukan. Mau sewa apartemen di mana sih kalau boleh tau?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *