Adhisthana Hotel Murah di Jogja, Cantik dan Lucuk Arsitekturnya

Harga hotel terjangkau bukan berarti harus melupakan sudut-sudut cantik untuk menyenangkan penghuninya. Adhisthana Hotel misalnya. Ketika memutuskan #JalanJalanJogja tadinya kami mencari hotel yang viewnya bagus dan betah di kamar misalnya cuaca Jogja tidak memungkinkan mengingat masih musim hujan. Atas rekomendasi teman reporter yang domisili di kota ini, kami pun memutuskan stay 2 malam di Adhisthana. Dan itu merupakan pilihan yang tepat sekali!

Mau pilih lubang yang mana? #colokin #vsvocam #boxes #holiday #hoteljogja #jogjahotel

A photo posted by NengBiker (@neng_biker) on

#JalanJalanJogja kali ini memang hanya sekadar ngabisin cuti tahunan yang masih berderet di jelang pergantian angka. Baru sadar sih, kayaknya tahun ini belum ke mana-mana, dan liburan ke Jogja adalah pilihan perjalanan tercepat namun masih cukup nyaman dengan kereta api saat sedang hamil muda. Berangkat dengan sahabat, Adhisthana sudah dipesan beberapa hari sebelumnya. Harga hotel di agen perjalanan online jatuhnya lebih murah lho daripada go show. Apalagi kalau kamu memesan saat ada promo diskonnya.

Terbukti, kami mendapat harga 530k untuk 2 malam, sedangkan ada pasangan yang go show mendapat harga 300rb sekian per malamnya. Tapi bisa jadi perbedaan harga = perbedaan juga letak kamarnya, hahaha. Kami mendapat kamarĀ  double di lantai 3 (tanpa lift) dengan pemandangan ke kolam renang. Pilihan kamar di Adhisthana hotel cukup banyak sih, termasuk fasilitas dorm yang per bed per malamnya di kisaran 100rb dengan cara go show.

Namun, di manapun letak kamarnya, Adhisthana kayaknya punya candu biar betah berlama-lama nemplok di kasurnya. Saya menyenangi pemilihan warna yang sederhana hanya kombinasi putih dan biru, dengan corak batik yang cantik. Antara gorden dan sandal kamarnya, begitu juga headboard tempat menyandarkan kepala. Ketebalan gorden batik Adhisthana juara deh pokoknya, bikin nggak sadar hari sudah siang setiap bangun pagi.

Adhisthana cukup praktis menempatkan furnitur di dalam kamar, sehingga ukuran kecilnya nggak bikin perasaan terasa sumpek. Nggak ada lemari lho, tapi bisa manfaatin gantungan bajunya jadi lemari darurat. Kami memang menerapkan light traveling, jadi nggak banyak baju nggak banyak barang. Kamar tetap rapi biarpun kami pulang sehabis kehujanan. Helm dan sepatu yang basah dijemur di kamar mandi yang ada blowernya.

Kejelian Adhisthana mengemas tampilannya nggak di dalam kamar doang lho. Bahkan dari luar pun kamu bakal disadarkan, ada benang merah yang menghubungkan. Itu tuh, jendela-jendela hiasannya. Nggak hanya di fasad luar, tapi berlanjut ke resepsionis, lalu ke ruang makan, dan di area kolam renang. Mengingatkan pada salah satu interior kafe di Bali, sesuatu yang aplicable diterapkan di sebuah bangunan tapi juga perlu sentuhan seni untuk membuatnya menjadi satu kesatuan.

Arsitektur Lawas, cafe yang ada di sebelah Adhisthana juga menerapkan pola relief jendela yang sama. Memang, kehadiran unsur kayu dalam bangunan besar akan melembutkan tampilan tembok masif dan membuatnya terasa homey di waktu yang sama.

Cobain sendiri deh!

ADHISTHANA HOTEL

Address: Jl. Prawirotaman 2 No.613, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153, Indonesia

Phone: +62 274 413888

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *