Kata Orang 10 Kota Ini Sudah Punah, Tapi Kok Malah Jadi Jujugan Liburan?

Menelusuri kota-kota yang sudah punah kadang-kadang memberikan pengalaman tersendiri. Ada pelajaran dari peradaban di masa lalu yang sempat mencapai puncak kejayaan dan di masa sekarang meninggalkan kesan untuk generasi yang hanya tahu dari sejarah. Memang, nggak ada yang abadi di dunia ini bukan? Cinta sama Rangga yang main bareng ke Candi Boko aja terpisah benua, apalagi kota-kota yang dikenal sebagai pusatnya peradaban dunia. Ini semua salah Rangga! #halah

Mungkin kamu kenal Mesir Kuno dari buku ensiklopedi? Masih banyak lagi lho kota yang sudah punah dan dinilai eksotis lalu menyedot perhatian traveler dari seluruh dunia. Kalau kamu suka menelusuri sejarah peradaban dan petualangan ke tempat-tempat eksotis seperti ke kota-kota yang sudah punah, jangan lupa masukkan tempat ini dalam agenda kalo abis dapet tiket pesawat promo ya?

Mesir Kuno

Peradaban Mesir Kuno telah menyisakan misteri hingga saat ini. Peradaban ini berada di hilir Sungai Nil dan mencapai puncak kejayaan sekitar abad ke-2 SM. Berkembang selama 350 tahun, peradaban Mesir Kuno ini juga mengalami perubahan yang cukup drastis saat menjadi daerah taklukan Romawi dan mengubah tatanan politik dan agama di Lembah Nil.

Machu Picchu

Bicara tentang kota mati yang masih tersisa hingga saat ini maka ada nama Machu Picchu yang ada di Peru. Machu Picchu yang berarti Gunung Tua adalah lokasi tempat peradaban Suku Inka yang berada di wilayah pegunungan pada ketinggian 2.350 mdpl. Sempat terlupakan, situs ini kembali tenar saat ditemukan kembali oleh arkeolog dari Universitas Yale Hiram Bingham III pada tahun 1911. Situs unik ini berada di Lembah Urubamba, sekitar 70 km dari Cusco, yang banyak disebut di serial novel Supernova \^^/.

Petra

Kata “Petra” berarti batuan yang merujuk pada sebuah bangunan kota yang terbuat dari batu-batu di Wadi Araba, Sebuah lembah bercadas di Yordania. Dengan mengukir dan memahat tebing batuan setinggi 40 meter, situs ini menjadi sebuah tempat yang megah dan cantik. Pada abad 9 SM-40 M, Petra merupakan ibukota kerajaan Nabatean dibawah kepemimpinan Raja Aretas IV dan terbukti sebagai kota yang aman dari musuh dan badai pasir.

Angkor Wat

Kuil-kuil di Angkor Wat ini memang terlihat eksotis. Bentuk-bentuk bangunannya mirip dengan Candi Prambanan yang ada di Jawa Tengah. Situs ini termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, dan hingga saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata andalan bagi turis yang datang ke Kamboja.

Dulunya Angkor Wat ini adalah ibu kota Kerajaan Khmer di abad ke -9 hingga abad ke-15 Masehi. Berada di tanah perladangan dekat Danau Besar Tonle Sap, Angkor Wat jadi situs eksotis yang menyisakan kejayaan peradaban Kamboja di jaman dulu.

Palmyra

Dulunya dikenal dengan nama Tadmor, Palmyra merupakan salah satu kota penting di Syria. Situs ini berada sekitar 215 km dari Damaskus. Lokasinya cukup strategis yaitu dekat dengan sumber mata air panas, Afga dan jalur pengelana yang menempuh perjalanan dari Iraq. Dengan segala keunggulannya, situs Palmyra ini sempat menapai puncak kejayaan di abad ke-2 SM.

Palenque

Situs bersejarah di Meksiko ini merupakan peninggalan Suku Maya yang berada di kaki Gunung Tumbala. Meski tak terlalu besar, namun kota ini memiliki bangunan yang terlihat masih rapi dengan arsitektur canggih, patung-patung, ukiran, dan berbagai artefak peninggalan Suku Maya.

Ephesus

Saat ini reruntuhan Kota Ephesus masih bisa terlihat dan dinikmati hingga jadi situs favorit masyarakat Turki. Kota yang membentang sepanjang 3 km di selatan Kota Selcuk ini dulunya merupakan pusat perdagangan dan penyebaran agama Kristen yang cukup pesat hingga saat ini.

Sanchi

Sanchi kental dengan nuansa Buddha karena monumen ini merupakan tanda jaman keemasan Buddha pada masa Kerajaan Ashoka. Monumen ini dibuat di abad 3 SM yang berisi ukiran-ukiran sejarah tentang agama Buddha. Hal yang paling menarik dari situs ini adalah Stupa 1 yang dibangun oleh Raya Mauryan.

Pompeii

Termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, Pompeii adalah kota yang hilang sekitar 1.600 tahun. Kota ini hancur akibat letusan Gunung Vesuvius pada 79 Masehi dan debu letusan menimbun kota ini dan hilang dari peradaban selanjutnya. Setelah ditemukan secara tak sengaja, situs ini kemudian digali dan diteliti sehingga menjadi situs yang menakjubkan. Kamu bisa melihat kota dan aktivitas penduduknya yang tersapu awan panas dalam sekejap meninggalkan jejak yang terekam sangat epik.

Vijayanagar

Vijayanagar adalah sebuah situs peninggalan sebuah kerajaan besar di India pada 1336 yang berada di Deccan, India Selatan. Kerajaan ini ditemukan oleh harihara dan saudaranya Bukka Raya. Dari riwayat yang didapatkan dari berbagai sumber, diperkirakan kerjaan ini berakhir pada tahun 1660.

Yuk, jalan-jalan ke kota peradaban dunia kayak ke Angkor Wat dulu aja yang paling deket dari Malang yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *