Cerita #NinjaHattori: Proses dan Biaya Balik Nama Motor Dari Jakarta ke Malang

Melanjutkan cerita kedatangan Hattori aka si Kawasaki Ninja 250 yang lalu, saya mendapatkannya dari teman. Dia senang berbisnis modifikasi motor dan mendapat penawaran menarik harga Ninja yang cukup murah karena sepaket dengan modifikasi-annya. Diambilnya barang-barang modif lalu dikembalikan ke kondisi standar. Proses pengurusan surat-suratnya cukup ribet karena harus melewati banyak tahap untuk bisa balik nama ke nama pembeli baru.

BACA: Kawasaki Ninja 250: Sebuah Komitmen Bersama Pasangan Baru

Apalagi saya tidak punya banyak kenalan yang bisa membantu menguruskan di Jakarta. Untung saja ada Rendy, teman sekantor yang pindah ke Jakarta dan bisa dititipi untuk menguruskan di sana.

Proses Cabut Berkas Kendaraan Bermotor di Jakarta

Periode April 2016 saya kirimkan berkas surat-surat termasuk kartu identitas untuk pengurusan cabut berkas. Rendy di antara persiapan pernikahannya memasukkan surat-surat tersebut lewat biro di dekat rumah calon istrinya. Lalu bulan-bulan pun berlalu.

Saya nggak tau sesusah apa ya proses cabut berkas itu. Tapi kalau mengingat jumlah motor plat B jutaan begitu, jadi sedikit harap maklum. Sampai Agustus berkas itu pun baru dikirimkan ke Malang. Dengan catatan dari pihak ibu di sananya, “Coba masnya bilang kalo wartawan, kan berkasnya saya dulukan.” Halah buuu.

Biaya cabut berkas: Rp950,000,-

Proses Balik Nama Kendaraan Bermotor di Malang

Perlu diakui mengurus surat-surat seperti ini menguras energi. Apalagi saya nggak tau prosesnya dimulai dari mana ke mana kantornya di mana di Malang. Jadilah karena ada teman yang punya toko jual beli motor yang memiliki biro pengurusan surat-surat kendaraan saya mintai tolong untuk menguruskan. Surat-suratnya harus masuk dari Surabaya dulu katanya, baru diuruskan di Malang.

Nah lo. Bisa dibayangkan jatah cuti habis untuk mengurus demikian. Ditawarkan juga untuk memesan nomor istimewa. Nggak usah deh, saya cuma minta huruf belakangnya AIK atau AAY.

Dua minggu kemudian, sudah selesai dong STNK dengan huruf belakang AAY sesuai pesanan. Biayanya cukup Rp2.250.000,- sudah termasuk fee. Mahal murah memang relatif sih. Namun BPKB belum jadi dan dijanjikan sekitar 2-3 bulan ke depan. Rincian biaya dijanjikan juga bersamaan dengan penyerahan BPKB ke tangan pemilik.

Berapa total biaya balik nama kendaraan dari Jakarta ke Malang?

3 Jutaan saja. Kamu beruntung misalnya waktu pengurusan ada kampanye pemutihan pajak kendaraan. Lumayan cukup mengurangi ratusan ribu dari total biayanya.

Sharing after reading, yes?

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *