Biker Harus Cerdas Atur Waktu Turing Biar Nggak Anyang-Anyangan di Jalan

Jadi biker itu deket banget sama penyakit. Bahkan bisa jadi sumber penyakit kalau nggak cerdas mengatur diri. Saya pernah jadi sumber penyakit hati karena iri sama yang punya motor lebih keren. Apalagi kalau lagi turing bareng-bareng di jalan, bawaannya pengen jadi sweeper aja biar di belakang nggak liat yang keren-keren di depan. Masalahnya, karena posisi sweeper yang harus selalu mengawasi anggota turing yang berceceran, potensi untuk menjaga kesehatan diri jadi terabaikan. Bahkan buat sekadar berhenti pipis aja nggak diperhatikan. Nggak heran kalau semakin sering turing, saya dulu semakin sering anyang-anyangan.

Herannya adalah kenapa yang mengalami anyang-anyangan itu seringnya saya aja di antara puluhan pria itu. Saya jadi jengah kalau mau periksa ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Sering malas aja sama pandangan yang menuding biker dan motor-motor itu kebanyakan ikut pergaulan bebas, jadi wajar aja kalau ada yang kena infeksi saluran kemih dan jadi anyang-anyangan.

Tunggu dulu mas bro.

Anyang-anyangan itu nggak harus selalu disebabkan sama hubungan kelamin. Perempuan lebih berisiko anyang-anyangan karena saluran kemihnya lebih pendek, sehingga bakteri lebih mudah mencapai kandung kemih. Kalau kamu memakai alat kontrasepsi, risikonya juga sama tinggi. Punya kelainan saluran kemih bawan dari lahir jadi urin nggak bisa keluar dari tubuh, juga berisiko. Perempuan yang menopause dan kekurangan hormon estrogen sehingga mengubah imun kandung kemih juga rawan terinfeksi.

Dan, para pria coba cari tahu kenapa ketika kamu pakai kateter untuk buang air kecil jadi bisa anyang-anyangan. Juga perhatikan lah kesehatan prostat, karena jika terjadi sumbatan pada saluran kencing seperti pembesaran prostat yang menekan saluran kencing dan batu ginjal, urin bisa menumpuk dan jadilah anyang-anyangan. Rasanya sakit waktu buang air kecil. Nah itu infeksi saluran kemih!

Jadi biker mana dulu itu yang bilang anyang-anyangan karena pergaulan bebas, coba sini kenalan sama saya.

Iya saya yang sering anyang-anyangan pulang turing itu. Bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil tapi ternyata yang keluar sedikit. Ada sih pernah juga di antara pria-pria biker itu ada yang anyang-anyangan, tapi prosentasenya jauuuh lebih sedikit dari yang saya alami. Jadinya cukup terganggu dan risih kalau anyang-anyangannya terjadi di tengah perjalanan turing.

Saya jadi tukang ngitung jarak ke SPBU terdekat. Pria sih gampang ya tinggal buang aja di balik pohon. Lha kalau saya, mana bisa?

Sepulang dari turing ke Solo yang lalu, saya menyerah. Sampai capek ganti pembalut karena bolak-balik buang air, jadi mengganggu pekerjaan, bikin nggak nyaman, juga kzl mencuci pakaian dalam.  Belum lagi cerita duo Ayu di kantor yang serem abis masalah anyang-anyangan yang mereka alami. Yang satu sampai harus ‘diobok-obok’ ke rahim karena anyang-anyangannya bukan anyang-anyangan biasa. Ia mengalami infeksi saluran kemih yang tidak diperhatikan hingga rahimnya pun harus ditangani dokter kandungan untuk mendapatkan perawatan.

Ini serem banget bukan, apalagi saya belum punya anak dan menikmati sekali waktu untuk bleyer-bleyer gas motor. Sehingga mau nggak mau kalau saya meneruskan kebiasaan sakit anyang-anyangan ini jadi khawatir pada kemungkinan masa depan kelak.

Padahal penyebab anyang-anyangan sepele banget…

Nggak buang air kecil di tempat yang bersih
SPBU yang sudah dinilai paling representatif untuk buang air kecil aja kadang-kadang masih kotor aja. Tapi mau nggak mau ya kudu buang air karena kalau ditahan malah semakin jadi.

Menahan buang air sepanjang jalan (sampai SPBU terdekat)
Dari awal sebelum berangkat, biasanya tangki saluran kemih sudah dikosongkan. Tapi apa daya, kalau sudah naik motor malasnya juga berhenti. Nahan buang air sampai waktu istirahat dan berhenti itu kadang sampai lupa. Iya, lupa pas berhenti malah nggak buang air.

Pakaian dalam yang nggak terjaga kebersihannya
Kebiasaan buruk lebih mentingkan bawa baju luar yang bersih daripada baju dalam itu nggak patut dicontoh. Namanya cewek ya, biarpun statusnya biker, tetep aja penampilan luar kudu ok. Yang dalam? Ya maaap.

Nomor 3 memang selalu salah. Organ kemaluan yang tidak terjaga kebersihannya bisa memicu masuknya bakteri E. coli ke saluran kemih. Bakterinya dari mana? Yak, dari bagian anus. Itulah akibatnya kalau pakai celana dalam side a – side b – side c dan side d. Kadang-kadang cara bilas darurat di tempat darurat sepanjang perjalanan itu juga kurang bersih, sehingga si bakteri pun senang jalan-jalan sampai ke saluran kencing.

Hal ini diperparah sama kurangnya minum air putih. Saya tidak merokok, jadi saat turing dan istirahat yang saya lakukan ya.. tidur. Menghimpun tenaga agar tidak gampang capek sepanjang perjalanan. Terus buang air dan minum air putihnya lupa. Padahal mencukupi kebutuhan cairan tubuh itu nggak hanya biar nggak anyang-anyangan, tapi juga untuk menjaga konsentrasi ke jalan. Ingat, keluarga menanti di rumah!

Belajar dari pengalaman, inilah yang saya lakukan untuk menghindari gejala infeksi saluran kemih seperti anyang-anyangan.

Lebih memperhatikan kebersihan organ kemaluan

Apalagi karena sudah menikah ya. Untuk membersihkan dan menyegarkan area intim pakai yang lebih dari sekadar sabun biasa atau air. Yup pakai Privé Delicate yang mengandung bahan alami teh hijau dan manjakani serta daun sirih untuk sensasi rapet. Tinggal pilih aja deh butuhnya yang mana. Pengennya sensasi apa juga, mau Privé Delicate yang mengandung Green Tea dan Manjakani dan Privé Delicate yang mengandung Green Tea dengan Daun Sirih, bau nggak sedap pun jadi hilang sambil melihara area intim pada tingkat pH yang seimbang dan alami.

Membiasakan buang air kecil

Karena menahan buang air ternyata lebih banyak mudharatnya, saya biasakan untuk teratur buang air nggak hanya kalau sudah kerasa aja. Jadi sedikit mengurangi waktu istirahat saat turing dengan buang air dulu baru merem.

Membawa tisu basah dan kering

Double protection, saya yang dulu bukan perempuan berkalung tisu, rasanya jadi butuh tisu ke mana-mana. Dua macam pula yang basah untuk membilas saat buang air kecil, yang kering untuk mengeringkan lebih maksimal. Tisu kering juga dibutuhkan waktu memakai toilet umum.

Membawa cadangan pakaian dalam

Yang tidak ketat. Saya sekarang jadi suka pakaian dalam tipe boxer seperti punya pria. Bahannya juga pilih yang katun, malas kalau pakai yang renda-renda. Selain nggak menyerap keringat, rasanya jadi lembap terus karena renda-nya.

Memperbanyak minum air putih

Tidak lagi soda. Bahwa soda dingin itu sangat menyegarkan kalau diminum di tengah perjalanan, sudahlah jangan godai saya lagi. Air putih itu sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh soalnya minuman bersoda secara berlebihan bisa juga mengakibatkan iritasi di kandung kemih. Namun jumlahnya juga nggak perlu berlebihan. Air putih itu idealnya hanya 0.03 liter per kilogram berat badan. Jadi saya butuh… 2.25 liter setiap hari. Hayooo berapa berat badan sayaaa!

Menambah gizi di makanan

Menjaga kesehatan itu bukan cuman dari luar. Tubuh dan terutama organ intim bisa tetap sehat kalau makanan yang dikonsumsi setiap hari juga sehat. Kalau mau jauh dari infeksi saluran kemih, gejala anyang-anyangan bisa diatasi dengan banyak mengonsumsi jus cranberry. Soalnya buahnya langsung susah dicari. Jus cranberry bisa didapat di supermarket kok.

Salah satu manfaat jus cranberry adalah senyawa asam yang dimilikinya dapat mencegah Anyang-anyangan yang merupakan salah satu gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK). Buah cranberry diketahui memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins yang dapat menangkap bakteri E.colli dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini. Selain untuk menyembuhkan Anyang-anyangan, buah cranberry juga memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Yang ini penting banget buat tubuh.

Membawa Privé Uri-cran ke mana-mana

Ini saya sih. Daripada bawa jus cranberry saat turing, membawa Privé Uri-cran jauh lebih praktis dan nggak menyusahkan. Privé Uri-cran mengandung ekstrak cranberry yang efektif mencegah anyang-anyangan. Privé Uri-cran dibuat dalam bentuk kapsul juga tersedia dalam bentuk powder sachet yang praktis dibawa dan lebih nikmat diminum dengan air dingin. Pas banget buat kalo turing jauh-jauh, mengademkan tubuh sekaligus menjaga kesehatan organ intim dari ancaman bakteri E.coli. Baca lebih banyak info tentang anyang-anyangan, infeksi saluran kemih, dan kenapa sakit buang air kecil di Facebook Privé Uri-cran!

Di mana beli Privé Uri-cran, Neng? Ke Guardian aja yuk, selain bisa beli Privé Uri-cran siapa tahu dapat promo mingguan nambah 1000 bisa dapat dua barang!

18 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *