Menelusuri Lokasi Wisata Misteri di Kota Malang

Ketika Hotel Tugu Malang terkenal dengan lukisan mbak-mbak berambut panjang berwajah tanpa ekspresi, komplek SMA tugu memiliki sejarah panjang bekas peninggalan penjajahan, kota Malang sebenarnya memiliki potensi baru. Wisata misteri yang bisa dikembangkan dengan menelusuri sejarah-sejarah per bangunan atau lokasinya. Tidak hanya menonjolkan keangkeran tempatnya, tapi lebih menggali sejarah mengapa tempat itu begitu ditakuti oleh orang-orangnya.

Tidak. Ini bukan saingan Diary Misteri Keluarga Tak Kasat Mata yang sedang ngehits di Kaskus. Saya cuma berani menulis lokasi-lokasi wisata misteri ini menyambut ulang tahunnya yang ke 102 saja sebagai tambahan objek wisata yang bisa kamu kunjungin kalau lagi main ke Kota Malang.

KOMPLEK SMA TUGU

Suara-suara tentara Jepang, lantai yang bernoda darah, kelambu musholla yang terbang sendiri, hingga pocongan, pernah terucap dari pelaku-pelaku yang mengalaminya di komplek SMA TUGU. Tiga sekolah menengah atas yang menjadi satu kesatuan di depan Balaikota Malang ini memang punya banyak cerita, mitos, maupun legenda. Bagi alumnus-alumnusnya, sekolah ini memberi banyak kenangan yang nggak mudah dilupakan.

Seperti saat saya dan teman-teman PMR yang menjumpai sosok wanita di depan ruang UKS setelah salat Maghrib. Kelambu musholla dan sosok yang sedang salat di sana sementara teman-teman lain sudah turun semua. Itu di SMA 3. Di SMA 1, adik saya diganggu saat sedang diklat OSIS. Di SMA 4, sekelompok tentara Jepang mengikuti teman yang pulang dari diklat Paskibra sampai ke rumahnya.

Itu aja.

Tapi tetap membekas meski sudah puluhan tahun lulus dari sana.

LUKISAN WANITA di HOTEL TUGU MALANG

Plis kalau yang ini memang serem fotonya, tapi dia bukan legenda misteri kok. Baca cerita hidup Oei Hui Lan di sini. Sayangnya, foto si embak Oei kemudian beredar sampai katanya terlihat di Hotel Niagara yang letaknya di wilayah Lawang.

Hanya lukisan Oei Hui Lan berada di hotel yang banyak orang merasa agak singup di sana. Padahal ya nggak ada. Kalau pengen lihat fotonya, sila sekalian makan di Resto Melati dan menyesap wine di Ban Lam. Wisata kuliner di sini OK banget lho!

BIOSKOP KELUD MALANG

Kawasan ini dulu begitu terkenal dengan pertunjukan layar tancapnya. Masih kah sampai sekarang? Soalnya kalau malam lewat gelap-gelapan. Kemarin juga kabarnya ada yang bikin wisata misteri di sini. Pulang-pulang bawa banyak foto yang katanya ada penampakan waktu dihadapi di sana. Saya ngga bisa lihat. Mungkin kamu bisa mengagendakan jalan-jalan ke sini malam-malam. Siapa tahu ada film lama yang ‘diputar’ di sana.

WISMA TUMAPEL

Kalau Semarang punya Lawang Sewu, Malang punya Wisma Tumapel. Spot foto di sini super keren. Tampak jadul, tidak terawat, tapi juga katanya bikin bulu kuduk meremang. Sebelum mulai direnovasi seperti yang dilakukan sekarang, wisma peninggalan ini sempat tidak terawat dan tertutup untuk umum. Cerita-cerita seramnya juga bertebaran. Yang katanya ada penampakan rambut ijuk di selasar ruangannya. Yang katanya ada ular raksasa bermahkota sebagai penunggunya. Satu pesan ketika ke sini. Katanya sih enggak boleh teriak-teriak, biar penghuninya nggak terganggu. Juga nggak menarik perhatian warga sekitar mungkin. Yaa, juga biar enggak diikutin sampai rumah sama penunggunya kata salah satu cerita.

Siapa lagi yang punya info wisata misteri di Malang? Kasih info ya di komentar, biar bisa ditelusuri sama salah satu grup wismis di kota Malang 🙂

13 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *