Gempor Keliling Malang Demi Emas Antam 5 Gram Buat Mahar

Bukan, saya nggak mau kawin lagi kok. Maharnya bukan buat pernikahan saya, tapi buat sahabat yang bulan ini akan melangsungkan pernikahannya. Dan dia kepengennya beli emas antam 5 gram buat mahar pernikahan, karena uang dihias sudah terlalu mainstream *tsaaaah**keplak pakai pigura*

Jadilah saya ikut lari ke sana – kemari untuk mencari si emas antam 5 gram ini. Mulai dari keliling mall yang ada toko emasnya, sampai akhirnya blusukan nggak karuan di semua toko emas di Kota Malang. Dari perjalanan ini, ada beberapa lokasi toko emas yang menjual emas antam 5 gram yang bisa kamu pilih kalau beli nanti. Di mana saja?

Malang Town Square
Malang Town Square sempat jadi jujugan pertama untuk melihat emas antam 5 gram yang lagi dicari. Alasannya simple sih, toko emas di mall bukanya sampai malam mengikuti jam buka. Di sini cuma ada satu toko yang menyediakan emas murni, di Toko Bulan Purnama, Malang Town Square Lt.1. Pengamanannya ketat, jadi pastikan cukup percaya diri agar nggak diinspeksi security saat masuk Toko Bulan Purnama nanti.

Toko Emas Pojok
Setelah ke Malang Town Square, beberapa hari kemudian kami lanjut jalan ke Pasar Besar Malang. Di sini ada banyak pilihan toko yang menyedikan emas antam 5 gram, salah satunya adalah toko emas Pojok yang ada di beberapa titik. Ada tiga toko emas Pojok di dalam pasar besar, dan satu di poros jalan seberang Pasar Besar. Dua-duanya satu cabang dan harganya sama.

Toko Sumber Mas
Toko ini ada di poros jalan Pecinan, sebelah Toko Raya yang menjual kosmetik (untuk mengisi serah-serahan di sini juga harganya idaman). Di Toko Sumber mas ada beberapa jenis emas, selain ada emas antam 5 gram juga ada emas London, dan juga emas dari beberapa kawasan lainnya. Jadi tanyakan secara seksama, sebelum memilih beli yang mana.

Toko Emas Utama
Setelah lelah berkeliling, akhirnya kami mampir ke Toko Utama. Secara harga, di toko ini bisa dijadikan andalan. Kebetulan waktu itu emas antam 5 gram di semua pilihan toko di atas habis, dan tinggal di Utama ini adanya. Ya sudah, akhirnya cukup puas membeli di sini dan syukurlah dapat harga yang paling oke di antara lainnya.

Sudah deal dengan harga dan penjualnya bilang ada, mendadak penjaga toko, seorang bapak-bapak paruh usia datang dengan tergopoh-gopoh. “Emas antam 5 gram di sini habis!” ujarnya, membuat saya tepok jidat, dan wajah sahabat saya pucat pasi.

“Tenang, di toko Utama yang di dalam pasar ada. Tunggu sebentar ya,” lanjut si bapak.
Eaaaaa, kenapa juga pake tergopoh-gopoh juga bilang nggak adanya sih pak. Kan bikin deg-degan!

Menunggu sekitar sepuluh menit, akhirnya si bapak kembali ke hadapan kami berdua dan membawa satu batang kecil emas antam 5 gram. Ahelah, 5 gram ternyata kecil banget! Nggak sampai seukuran sebatang cokelat. Tapi harganya lumayan juga bisa buat beli berbatang-batang cokelat!

“Kok cuma satu sih, dua kan saya senang mencatat suratnya,” ujar si bapak.
“Saya yang nggak suka harganya kalau langsung dua batang emas antam 5 gram pak,” kata sahabat saya menutup transaksi.

Tips Membeli Emas Antam 5 Gram:
Jangan ragu nanya harga di semua toko, jalan-jalan aja dulu, survey sampai semua emas antam 5 gram dilihat daripada menyesal kemudian.
Meski sama-sama emas antam 5 gram, masing-masing toko punya harga yang berbeda-beda. Jadi harus dicek satu-satu.
Jangan lupa minta surat pembelian emas antam 5 gram . Ini penting buat bukti kepemilikan atas emas itu di masa depan.
Pastikan ada sertifikatnya. Semua emas antam 5 gram memiliki sertifikat dengan nomor seri masing-masing. Kalau sampai nggak ada sertifikatnya, patut dicurigai.
Jangan malas browsing harga emas antam 5 gram hari ini. Selalu ada update di berbagai website tentang harga emas murni. Ini bisa jadi patokan, harga yang kamu dapatkan di toko sudah sesuai, terlalu murah (kudu curiga) atau terlalu mahal (kebanyakan ngambil untung).

Happy hunting!

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *