Jangan Posting dan Jangan Buang Sembarangan Boarding Pass-mu

boa

Siapa yang masih suka posting boarding pass dan buang secarik kertas ini sembarangan? Sebaiknya mulai berhati-hati apalagi kalau jam terbangmu sangat tinggi dan rekening di bank untuk membeli tiket jumlahnya sangat banyak.

Boarding pass tidak hanya dapat membawa calon penumpang naik pesawat saja. Kadang untuk pamer, boarding pass pun difoto dan diposting di sosial media. Modal boarding pass kadang-kadang juga akan membantu seorang traveler mendapat diskon di hotel dan restoran yang sudah bekerja sama. Setelah itu, dibuang saja? Jangan dulu.

Baca lagi kenapa Boarding Pass sebaiknya disimpan baik-baik.

Baru-baru ini saya membaca USA Today yang menyarankan untuk tidak memosting dan membuang boarding pas sembarangan. Ada rahasia pribadi yang tersimpan di secarik kertas itu, katanya. Sambil membaca beritanya, saya bolak-balik boarding pass pesawat terakhir yang masih disimpan karena katanya bisa dapat harga diskon menginap 2 malam di hotel incaran.

Ada QR Code di boarding pas tersebut. Nah segmen boarding pass inilah yang sebaiknya tidak disebarluaskan di sosial media, apalagi dibuang dengan semena-mena. Winston Krone, seorang ahli forensik dari CBS, mengatakan QR Code yang ada di boarding pass jika jatuh ke tangan yang salah seperti hacker atau orang yang berniat jahat pada dirimu, bisa dimanfaatkan seluas-luasnya.

Mengapa?

QR Code yang dicetak di boarding pass saat check in pesawat menyimpan data pribadimu. Itu aja?

Ya, itu aja kok. Karena data pribadi termasuk alamat email pribadi, alamat rumah dan nomor telepon. Di tangan orang yang pintar melacak nomor rekening pribadi pun jadi lebih mudah dengan data primer yang telah didapat. Ke depannya, rekening-rekening bankmu pun akan terancam karena orang yang pintar dapat mengubah PIN ATM atau kartu kredit untuk dikuras bermodal hanya secarik boarding pass.

Oleh karena itu jangan posting boarding pas yang dilengkapi QR Code ke akun sosial media

Mengerikan bukan?

Lihat di sini bagaimana Boarding Pass kamu dibaca oleh orang yang ahli.

Sharing after reading, yes?

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *