Pola Hidup Istri (Muda) Yang Baru Belajar Memasak

Menurut penerawangan dari timeline, sepertinya tahun depan keluarga saya semakin dimanjakan oleh masakan-masakan dari tangan sendiri. Bukan beli. Uhuyyy.. Semangat mengonsumsi lebih banyak sayuran biar pencernaan lebih lancar, lebih langsingan, juga lebih cantik, istri (yang sebenernya ngga muda lagi) ini sudah mulai belajar memasak kembali. Tapi ya kalau belum berhasil total masak tiga kali sehari, saya ngga mengharamkan bahan masakan dengan pengawet makanan kok.

Apalagi saya suka banget mie, bakso, juga macam nugget-nugget atau frozen food dengan pengawet makanan yang sekarang banyak sekali dibuat dengan cara yang lebih alami. Biasanya dari jenis bahan makanan itu, resep-resep mudah berikut yang saya bikin.

Nugget Goreng

pengawet makanan

Lha kenapa harus dimasak lagi kalau memang cara memasaknya dengan digoreng. Ya kan? Tapi ada trik tertentu dari mantan mbak rewang yang saya pelajari untuk menggoreng nugget yang empuk dan renyah. Pertama panaskan minyak di wajan dengan api sedang. Tunggu sampai minyak panas benar, masukkan nugget, tutup wajan. Tujuannya untuk menjaga kelembapan nugget biar engga kering setelah dimasak. Oya, pastikan nugget yang mau digoreng bukan dalam keadaan beku total, naikkan dulu suhunya mencapai suhu ruang.

Bakso

pengawet makanan bakso

Satu-satunya makanan yang akan saya makan tiap hari tanpa bosan adalah bakso. Apalagi kalau mama saya yang bikin pentol baksonya, atau membeli di penjual yang sudah terpercaya memasak baksonya dengan pengawet makanan tidak berbahaya. Kadang dimasak lagi dengan kuah bawang dan kaldu yang telah dibekukan biar bisa disimpan lebih lama dan tatap aman dikonsumsi. Kadang juga saya rebus biasa kemudian dikasih saus sambal dan kecap macam cilok yang dijual di pinggir jalan.

Tapi yang jadi favorit suami adalah bakso yang dicampur di nasi goreng, mie goreng, sup, juga segala macam tumisan. Ohya, saya lagi jago masak tumis kangkung dengan rasa yang ngga kalah sama restoran lho. Bumbunya? Bumbu racikan dong!

Mie

pengawet makanan mie

Untuk mie, entah ya saya suka beli aja. Sampai sekarang pola hidup saya belum menemukan cara masak mie yang tepat seperti yang disukain sama lidah. Jadi, mie yang beli di mie duk-duk, mie ayam tunggal rasa, atau mie di chinese food adalah resep sederhana yang bisa saya lakukan untuk memenuhi kesenangan itu.

Yang ini jangan ditiru 😀

Untuk yang menyukai frozen food seperti saya memang kudu aware dengan yang namanya bahan pengawet makanan. Karena sekarang juga ada produk bahan pengawet makanan yang sudah mengantisipasi perubahan dalam budaya makanan. Dulu sih yang segar-segar mudah didapat, sekarang kadang-kadang gampang didapat tapi waktu masaknya yang belum sempat. Jadi keberadaan bahan pengawet makanan yang alam, dipercaya, tepat dosis, sangat penting dan diperlukan untuk memperpanjang umur simpan produk.

Pintar-pintar memilih dan selalu biasakan mencari komposisi makanan di setiap produk yang kamu beli ya.

Sharing after reading, yes?

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *