Jangan di Rumah Saja, Indonesia Itu Indah

Ramai sekali ya campaign ‘Jangan di Rumah Saja, Indonesia Itu Indah’. Ramai tanggapan pro dan kontra dari masing-masing pejalan dan yang memilih di rumah saja. Saya kurang paham sih siapa yang memulainya, dan siapa yang mulai menanggapinya dengan kontra.

Tulisan macam begini lho:

© instagram.com/bgsprs

Yes, saya termasuk yang mau bilang: Jangan di Rumah Saja, Indonesia Itu Indah.

Ajakannya sederhana bukan? Yuk keluar rumah, nikmatin Indonesia. Ya, keluar rumah lewati saja pintu rumahmu untuk melihat sekeliling. Banyak hal menarik yang bisa kamu dapetin dari keluar rumah. Nikmati setiap detik kamu berangkat ke tempat kerja atau ke sekolah. Lihat ke luar jendela mobil, jangan berangkat terlambat biar kamu punya waktu untuk menikmati perjalanannya. Atau punyalah sekadar hobi yang bisa kamu pakai untuk menikmati perjalanan. Jangan salahkan keadaan kalau kamu ga bisa memanfaatkan.

Tapi kalau ajakan yang begini, mungkin memang akan dapat tanggapan kontra yang lebih banyak.

© http://dhaneswarii.blogspot.co.id

Di rumah aja juga ngga papa kok, ngga salah. Karena kamu pasti punya alasan yang kuat untuk melakukannya. Sibuk bekerja mungkin, atau memang sedang tak ada budget untuk jalan-jalan. Tapi misalnya memang kamu ingin jalan-jalan dan kebutuhan lain belum berimbang, ya tahan dulu. Apalagi kalau belum bisa mengalokasikan pendapatan ke hal yang lebih perlu.

somewhere di internet…

Tapi, ngga perlu kaya sekali kok kalau pengen sekadar menikmati Indonesia. Ya, memang di rumah saja juga enak kruntelan sama pasangan. Ya, yang jalan-jalan dan mengajakmu keluar juga bukan selalu jomblo juga. Saya misalnya, saya dan grup mamarocks itu misalnya. Punya suami dan anak-anak yang menggemaskan dan sayang untuk ditinggal. Hanya, kamu tentunya punya prioritas masing-masing kan siapa yang ingin didahulukan?

Saya? Jelas suami. Tapi kalau ada kesempatan jalan-jalan dengan ikut beragam kompetisi, ikut komunitas, dan berhasil menyisihkan pendapatan untuk ngetrip, suami juga ngga keberatan. Percayalah, ngetrip itu ngga melulu ngabisin duit, menghasilkan duit juga bisa.

Ada yang merintis dari sekitar rumah kemudian kesempatan melanglang buana keliling dunia terbuka lebar. Ada yang keberuntungannya begitu maksimal sehingga kesempatan ngetrip sebulan sekali, seminggu sekali, bahkan tiap hari pun ada. Ada yang saldonya ngga habis-habis dan bisa jalan-jalan kapan aja dia mau tanpa repotin pekerjaan. Ada.

Ajakan melihat Indonesia lebih luas lagi itu ada gunanya kawan. Itu salah satu wujud bela negara, kata Mas Arie Parikesit. Kamu bisa mengenalkan daerah Indonesia yang tidak dikenal orang lain bahwa itu masih satu kesatuan dengan ibu pertiwimu. Sedemikian sederhana.

Dan sedemikian sederhana juga kalau misalnya kamu memutuskan di rumah saja.

Tapi, salah saya kalau kamu ngga bisa liburan? Bye!

Sharing after reading, yes?

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *