Berenang di Dusun Telaga

Ratusan hari yang lalu tempat asri di ruas jalan Ngijo – Karangploso ini masih bernama Kampung Telaga. Memasuki pertengahan 2015, dengan manajemen baru berubah nama menjadi Dusun Telaga.

Sedikit yang berubah ketika tempat ini direnovasi ulang pasca terbakar beberapa waktu silam. Telaga buatan untuk kolam ikan masih digunakan. Hanya bangunan di pinggiran kolam yang diubah, dulu hanya berupa deretan gubuk untuk mancing, disulap menjadi Joglo dan ruang pertemuan.

Konon kabarnya ruang pertemuan itu bisa menampung hingga 400an orang saat diselenggarakan acara pengajian. Cukup luas juga ya. Lihat di foto atas, bangunan di bagian pojok kanan, di situ tempatnya. Saya kurang paham di bagian mana yang terbakar, karena bekas-bekasnya tidak kelihatan sih saat kembali main ke sini beberapa hari lalu.

Yang terlihat berbeda tentu kolam renang itu! Aduh seger banget lihat biru-biru di tengah kehijauan. Dusun Telaga memang menyediakan kolam renang dan tempat berjemur (sampai gosong-gosong dah) untuk pengunjung. Katanya sih bayarnya 15rb saja kalau hanya pengen berenang. Kolam dewasa dalamnya 2 meter, juga ada kolam anak di bagian kanannya. Hati-hati ya, sumpah itu langsung 2 meter aja ngga pake melandai. Bawa ban sendiri karena tidak disediakan.

Dusun Telaga masih mengusung konsep dari pendahulunya, resto yang bernuansa alam dengan sajian ikan segar dipancing langsung dari kolam. Untuk harga relatif terjangkau di tanggal muda. Sila coba Ikan Nila Saus Telur Asin yang saya ngga ngerti gimana resepnya, tapi rasanya awenak tenan. Ada juga menu kepiting, tapi memang jenisnya menyusut banyak daripada pendahulunya. Menurut pengelolanya, ketika resto Dusun Telaga dibuka kembali, sang empunya yang turun sendiri ke dapur untuk mengolah menu andalannya. Citarasanya dijamin tidak mengecewakan, katanya.

Namun dengan cuaca yang panas seperti sekarang, deretan minuman ini pasti lebih menggoda bukan?

Untuk kamu yang pengen jalan-jalan ke Dusun Telaga, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

  1. Bawa uang cash, sistem pembayaran gesek kartu belum tersedia
  2. Lokasi parkir masih di tempat sebelumnya, cek poin dari arah Batu setelah Resto Pak Saleh, kalau dari Malang cari saja Indomaret di kanan jalan.
  3. Berenang? Ada ruang gantinya kok, masih sedikit kotor saya rasa, tapi tetap nyaman digunakan.
  4. Simpan high heels di dalam bagasi mobil, turunlah dengan sandal jepit atau sepatu flats. Daripada-daripada aja sih.

Selamat berkunjung ke Dusun Telaga!

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *