Sulap Nuansa Rumah dengan Kain Sofa

Mama saya suka sekali membeli kain penutup sofa. Hampir setiap pulang dari Jogja, nggak lama sofa selalu berubah warna. Katanya sih biar ngga bosan. Padahal kadang-kadang saya juga pengen lah ngeliat sofa seperti apa dirinya adanya. Sofa dengan kain penutup yang cantik memang bisa memberikan nilai estetika yang berbeda di sebuah ruangan. Apalagi kalau pemilik rumah punya kedudukan tingkat sosial tertentu, kebutuhan akan sofa yang cantik jadi satu keharusan. Seperti mama saya?

Found on etsy.com

Makanya, sebaiknya bijak-bijaklah memilih penutup kain sofa. Kain sofa yang tepat sesuai penggunaan ruang bisa membantu menghemat anggaran serta membuat sofa berumur lebih panjang. Pilih kain sofa yang tebal, karena kain sofa yang tebal biasanya juga menandakan kualitas sofa yang bernilai mahal. Kain sofa bisa dibeli meteran kok, sesuai kebutuhan. Tapi daripada jebol anggaran, beli aja kainnya secara bal-balan. Kalau ingin membeli sofa kain di pengrajin, pilih sendiri jenis kain sofanya sesuai kesukaan dan fungsi ruang.

Warna dan motif kain sofa memang bisa mempercantik tampilan ruang. Tapi jangan lupa sama perawatannya. Sebelum memutuskan memilih kain penutup sofa, bisa lho tanya-tanya dulu sifat kain sofa yang dipakai. Lalu simak perawatan kain penutup sofa berikut ini.

– Untuk sofa yang terbuat dari bahan viscose, karena sifatnya yang mudah terbakar hindarkan dari api ataupun pencetus api. Beri peringatan kalau ada tamu yang suka merokok agar sofa tidak cepat rusak.
– Sofa yang terbuat dari bahan kain katun biasanya mudah terkoyak, juga memiliki warna yang lebih cepat pudar. Oleh karena itu jangan terlalu sering mencucinya.
– Untuk jenis Sofa dengan bahan penutup yang terbuat dari kain linen, biasanya akan terasa kurang nyaman untuk diduduki. Biar terasa nyaman, pakaikan penutup sofa pada sofa linen.
– Untuk membersihkan kain penutup sofa cukup dilap pada sofa polyester. Beri sedikit pasta gigi atau soda pada sofa yang berbahan linen dan katun. Kemudian gosok dengan sikat gigi secara lembut untuk membersihkan kotorannya.

Found on hypheninteriors.com

Gampang kok ngerawat kain sofa di rumah. Ya salah satunya dengan memberi penutup sofa biar warna kain aslinya engga cepat pudar. Kapan mau cobain sofa di rumah saya?

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *