Atasi Bosan, Ngecat Dinding Rumah Bisa Jadi Pilihan

Yang sudah pernah ke rumah saya sekarang pasti bertanya, kenapa rumah warnanya putih saja. Ngga pengen kasih warna ungu kayak rumah kekinian gitu, biar ngga bosan? Pengen lah… Tapi saya belum berani ubah total karena ada step-step yang perlu dilakukan untuk menyiapkan dinding rumah agar siap dicat. Memakai cat tembok untuk rumah bisa berfungsi untuk menambah indah rumah, juga sekaligus membentuk nuansa rumah seperti keinginan saya. Yang perlu digarisbawahi tentu dalam proses mengecat dinding tembok baru sama dinding tembok lama itu beda lho, gaes!

Found on domestically-speaking.com

Dinding rumah baru mempunyai tingkat kelembaban yangtinggi serta tingkat keasaman (ph) yang rendah (basa). Makanya, mengecat dinding rumah baru butuh penanganan khusus. Biarpun kamu pakai cat dinding berkualitas tinggi sekalipun, kalau prosesnya salah ya hasilnya juga jadi nggak sepadan sama biaya yang sudah kamu keluarkan.

Ini nih tipsnya menyiapkan dinding rumah baru agar siap untuk dicat.

Cek Kadar Kelembaban Dinding
Jangan cuma dipegang-pegang aja, pakai moisture meter/proti meter biar lebih akurat. Untuk kadar kelembaban dinding yang idealnya siap dicat harus memiliki kadar kurang dari 15%, jika kadarnya masih lebih dari nilai tersebut maka sebaiknya biarkan dinding sampai benar benar kering.

Cek Kadar Keasaman Dinding
Untuk kadar keasaman pada sebuah dinding rumah yang baru dapat juga dicek dengan menggunakan kertas lakmus. Jika dinding memilikin kadar yang terlalu basa, dapat dinetralkan dengan cara menggunakan air bersih, larutan 3% phosporic acid, dan 2% zinc chloride.

Ratakan Permukaan Dinding
Gunakan Wall Filler atau plamuur aka plamir deh kata abang tukang. Plamir berguna untuk meratakan tonjolan yang nggak kentara waktu batu bata dilapis semen. Kamu bisa cobain plamir sendiri sambil menguatkan otot lengan. Percaya deh!

Found on www.charlestoncrafted.com

TUNGGU 30 HARI
Sudah dicek lembabnya, asamnya, sudah diratakan juga. Kini saatnya menunggu. Biar cat dinding melapisi dengan optimal, tunggu sekitar 30 hari ketika dinding benar-benar sudah kering. Setelah itu, lapisi dinding dengna cat dasar alkali resisting primer sebelum permukaan dinding dicat.

Tunggu lagi sampai benar-benar kering. Lalu bersihkan dulu permukaan dinding dari kotoran dan debu, baru silakan mengecat dinding dengan warna kesukaan.

Jadi kapan ngecat dinding rumah baru? Sebentar, yuk bantu cari rumahnya dulu baru bantu ngecat dinding yuk!

Sharing after reading, yes?

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *