Ada Barang Ada Uang, Jangan Mudah Terhanyut Sama Diskonan

Belanja online sekarang makin gampang. Mau Ovomaltine yang lagi ngehits, atau mau beli mebel antik pun bisa lewat ketik-ketik sedikit di tab browser. Sayangnya masih ada aja yang kejebak beli barang di online shop yang nggak memfasilitasi jual beli sistem ada uang ada barang, ada barang ada uang atau CASH ON DELIVERY yang biasa disebut COD. Iming-iming diskonan memang sering bikin kita buta pengetahuan ya.. *ngomong sama temen di setan belanja.*

Diskonan selalu jadi penarik hati bagi kebanyakan perempuan. Ngga perlu babibu, tinggal transfer dengan harapan barang langsung dikirim. Baju diskon, sepatu diskon, sampai lipstick diskon, kalau bisa sih dengan harga yang juga bisa digoyang biar jatuhnya jadi murah. Namun sayangnya langkah gitu juga jadi ngga aman, bisa-bisa dicap pelanggan cerewet sama yang jualan.

Biar belanja online tetap aman dan nyaman, bisa ikutin cara gini nih:

Cari penjual yang terpercaya

Sekarang kan situs belanja online sudah semakin bejibun, biar lebih aman belanjalah di tempat yang kredibel dan memiliki sistem pembayaran yang aman. Di satu-satunya online search ads di Indonesia, OLX selain ada track record penjual, juga selalu dihimbau untuk memilih menggunakan metode ada barang ada uang. Kalau bisa ketemuan langsung sama yang jual, biar bisa lakukan pembayaran Cash On Delivery. Selain mengedukasi diri sendiri biar aman belanja, juga membiasakan penjual untuk menjaga kepercayaannya.

Cek dulu barangnya

Kadang pengen banget barang yang ada di ujung pulau Kalimantan, gimana dong ngeceknya? Kamu bisa minta bantuan temen atau keluarga, atau kenalan di sana untuk cek dulu barang yang mau dibeli. Apalagi kalau mau beli rare item atau barang langka yang jarang banget ketemu produsennya. Belanja barang bekas di OLX bisa jadi pilihan simpel, dan ngga ribet untuk mendapatkan yang diimpikan, makanya perlu dicek dulu kan kondisinya.

Cek dulu penjualnya

Di tanganmu itu ada jendela ke berbagai informasi penting yang bisa dipakai untuk mengecek jenis penjual yang kamu hadapi. Stalking dulu lah dokumen yang jualan online, seperti nama dan nomer rekeningnya. Pastiin aja kalau mereka didaftarkan dengan nama yang sama dan tidak meragukan. Googling juga track record si penjual lewat social medianya kalau ada. Lihat berapa banyak yang belanja barangnya, dan berapa banyak koneksi yang dimilikinya.

Diskonannya banyak nih!

Hati-hati ya kalau mau beli barang. Diskon memang menarik sih, tapi kalau tidak bisa beli pakai COD, aduh mending pilih yang beneran aja deh dengan belanja di situs OLX. Biar engga gampang dikejar-kejar sama penjual suruh transfer juga gituh.

Transfer aja Mas!

Yah, demi keamanan dan kenyamanan diri sendiri, sebaiknya kita COD aja ya. Simpan selalu kalimat ini di benakmu kalau mau belanja online di OLX. Apa sih OLX itu? Nyoh biar kamu engga tersesat waktu pengen belanja online:

Siapa tahu dengan metode payment COD, bisa ketemuan dengan penjual ganteng, motornya keren hasil belanja di OLX, ujung-ujungnya jadi deh gebetan.

Sekali tepuk, semua kebagian.

Sharing after reading, yes?

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *