Kursus Fotografi Gratis via Online

Jaman sekarang ini, kamera DSLR sudah tidak terlalu jadi barang mewah lagi ya? Lihat saja di sekitarmu, banyak orang yang menenteng tas kamera besar, bahkan dijadikan kalung untuk ditenteng ke mana-mana. Banyak juga yang mendadak hobi jongkok-jongkok di tengah kerumunan, dan di pinggir jalan. Kualitas fotonya?

Kurang tahu juga sih. Lebih karena ngga tahu dia uploadnya di mana 😀 .

Saya bukan penikmat fotografi 100%. Hobi saya mengamati orang dan merekamnya kapan saja saya sempat, tidak selalu ada keharusan untuk memotret objek di depan saya. Dengan kamera apa saja bisa, smartphone, pocket, kamera pinjaman, semua bisa. Kamera DSLR juga bisa dan punya, tapi banyak di mode auto karena saya mengakui kemampuan saya masih sangat kurang dibandingkan para master fotografi di luar sana. Yang penting cukup untuk menyampaikan apa yang ingin saya ceritakan dari sebuah foto untuk blog ini.

Pastilah hasilnya tidak bagus dibandingkan om Barry Kusuma yang heits itu misalnya. Gini-gini sempat berguru 10-15 menit masalah tutorial mendapatkan hasil foto yang bagus dari om BK. Dan kemudian merekam jejak #PotretMahakarya bergaya seperti foto ala om BK gini.

Biasa ya? Emang ngga ahli saya T__T. Padahal kalau mau manfaatkan internet sedikiiit aja, ada banyak tutorial photoshot yang bagus di kursus fotografi gratis fia online. Semuanya gratis tis tis dari pemilihan kamera, sampai gimana harus berjongkok agar dapat angle yang bagus dari sebuah foto. Kursus fotografi online ini bisa dipelajari mulai dari pemula hingga yang sudah expert sekalipun. Ada di mana saja?

PHOTOGRAPHYCOURSE.NET
Di sini, kamu bisa mulai belajar dari nol hingga jadi ahli fotografi. Langkah-langkah mengenal kameranya mudah dimengerti, meski sepertinya harus menyesuaikan juga kalau merk kameranya berbeda.

Digital-Photography-School.com
Website ini bagus untuk pemula karena dilengkapi dengan tips dan tutorial, serta ‘ujian’ fotografi untuk melihat kemajuan hasil belajarmu. Ada juga kompetisi foto dan hadiahnya yang infonya akan diberikan lewat newsletter.

Fotografer.net
Di sini loh tempatnya ahli-ahli fotografi Indonesia berkumpul. Kamu bisa mempelajari tips-tips fotografi di forumnya dengan bahasa Indonesia yang mungkin akan lebih mudah dipahami daripada tutorial dari website luar. Juga ada beragam info kompetisinya untuk mengasah kemampuanmu dalam mengambil gambar.

Ada lagi tempat belajar fotografi lainnya yang kamu tahu? Atau ada kompetisi fotografi online yang secara reguler diadakan?

Kompetisi-kompetisi ini tentu sangat diperlukan, agar minat terus terpancing, bakat terus diuji, dan hasil karyamu bisa dinilai dari komentar ahli-ahli fotografernya. Coba lagi coba lagi, jangan menyerah di hasil foto pertama.

Dari saya sendiri, ini foto yang paling saya suka. Entah mengapa. Diambil dari bangku belakang mobil yang sedang terguncang. Diiringi derai hujan, rasanya sayang sekali ngga mengeluarkan BB Q5 untuk merekam sapi dan pak petani di tanah Madura ini.

Bagus ngga? 😀

Sharing after reading, yes?

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *