Aneka Oleh-oleh Khas Malang Dari Pulau Galang Nomor 8

Hallo Malang!

Biasanya pada ngetweet begini tepat touchdown di bandara Abdulrahman Saleh atau begitu masuk perbatasan. Sampai di kota Malang memang membawa aura kenyamanan tersendiri karena seperti disambut sepi. Berbeda kalau kita ke Jakarta misalnya yang menyambut adalah kemacetan jalan raya. Dan segera setelah touchdown, semua wisatawan berbondong-bondong ke daerah Sanan untuk membeli oleh-oleh khas Malang.

Kripik tempe yang sudah jadi ciri khas kota Malang selalu dijadikan buah tangan. Padahal yang dicari di Malang biasanya cwie mie-nya yang melegenda, dan bakso Malang yang tiada duanya. Ada lho yang ngga segan-segan ngebungkus berliter-liter kuah bakso demi dibawa ke Jakarta. Gimana cara masukinnya ke bagasi yang saya kurang tau. Susah ya kalau larangan membawa benda cair diaktifkan lagi…

Eh ngga susah juga sih kalau kalian tau ada oleh-oleh khas Malang yang dibawa dengan praktis dan bisa kamu masak sendiri juga di rumah. Ini lho, oleh-olehnya.

Mau Cwie Mie khas Malang, bakwan, atau dimsum yang cita rasanya Malang banget? Ternyata kota Malang sudah punya dari sejak jaman tahun 1998 dulu! Mari kita buka lagi album kenangan sepanjang 15 tahun ke belakang. Kenapa yang diingat masih saja kripik tempe untuk buah tangan?

Pusat Oleh-oleh Khas Malang produksi home-industry di jalan Pulau Galang 8 Malang ini sudah mulai memasarkan produknya sejak saya baru menginjak bangku kuliah. Yang terkenal tentu Cwie Mie-nya. Dengan mie tipis dan kenyal buatan sendiri, topping aneka rasa, dikemas kedap udara, Cwie Mie GL 8 (nama kerennya) bisa dimasak sendiri di rumah. Ngga kayak mie instan, cwie mie GL 8 dilengkapi topping yang bisa kamu masak sendiri persis seperti gambar aslinya.

Home-industry cwie mie dan aneka oleh-oleh khas Malang GL 8 ini memang sudah puluhan tahun berdiri, namun target penjualannya justru dilempar jauh ke Jakarta dan Surabaya duluan daripada di Malang. Inilah mengapa kita jarang dengar keberadaannya 😀

Untuk lebih mendekatkan diri dengan kota asalnya, GL 8 membuka gerainya di Jalan Kawi sekitar Juni – Juli lalu. Foto-foto makanannya menarik perhatian walaupun gerainya tidak terlalu terlihat dari jalanan. Saya dan @Bazzeveritas tidak sengaja melihatnya sewaktu keluar dari window shopping di FO Blossom dan Donatello. Gerai GL 8 persis berada di seberangnya.

Foto makanannya yang yummy sepertinya salah satu media promosi yang menarik minat untuk mencicipi. Masuk saja dan kamu akan disambut ramah oleh sang empunya yang masih muda. #eaaa. Ketika kami kebingungan memilih apa, kami segera dijelaskan apa saja yang merupakan signature dish di GL 8.

FYI, memang di GL 8 menyediakan aneka masakan yang mengandung babi seperti dimsum dan cwie-mie yang bertopping daging babi. Agak kaget dan hendak mundur saja, kami tidak dicegah namun diberi penjelasan kalau gerai GL 8 menyediakan menu penyetan yang bebas dari daging babi. Juga ada bakso daging sapi dan cwie mie daging ayam. Peralatan dapur dan piring sajiannya pun dipisahkan untuk memasak makanannya. Karena mas yang masak dan mbak yang menyajikan makanan juga beragama Islam, sehingga kurang sreg kalau misalnya mereka menyajikan hasil masakan yang dicampur dengan kandungan babi seperti ke meja kami.

Intip menu di atas, yang sebelah kiri adalah cwei mie ayam lada hitam (yang menghangatkan badan) dan yang sebelah kanan adalah menu celup-celup seperti suki. Suki dalam versi mini gini asik banget makannya tanpa kompor yang kadang bikin ribet. Kuahnya berasal dari kuah bakso solo yang juga disediakan di GL 8. Pilihan isinya terserah dirimu, mulai dari sayur, jamur, mie, tofu, hingga bakso daging sapinya. Tidak akan tercampur kok dengan bahan makanan yang daging babi, karena sudah dipack sesuai dengan porsinya di dalam lemari pendingin.

Cwie Mie lada hitam dan suki segar, siap menghangatkan perutmu! Intip sendiri yuk apa saja masakan yang bisa dibawa sebagai buah tangan teman-temanmu yang biasanya merindukan cwie mie khas Malang di GL 8!

Oleh-oleh Khas Malang GL 8
Gerai: Jalan Kawi Malang
Produksi: Jalan Galang 8 Malang
Info dan Reseller: 08883884287

Sharing after reading, yes?

2 Comments

  • SEMOGA SEHAT SELALU.
    Serbuk JAHE SUPER, serbuk jahe murni, tanpa gula dan pengawet.
    *) Kopi bubuk Sido Mulyo (pasar klojen malang).
    *) Pusat Oleh2 keripik tempe SWARI.
    *) Goedang Oleh2 Malang.
    *) Depot HTS Lawang.
    *) Depot Mesir Kota Batu. Dsb.
    (087859696134)

  • SEMOGA SEHAT SELALU
    Serbuk JAHE SUPER, serbuk jahe murni, tanpa gula dan pengawet.
    (minuman anti stroke, anti mual dan mabok perjalanan, tubuh jadi semangat, dll)
    Utk daerah Malang dapat diperoleh di :
    1. Apotek Bareng raya.
    2. kopi bubuk Sido Mulyo (pasar klojen).
    3. Pusat Oleh2 keripik tempe SWARI.
    4. Goedang Oleh2 Malang.
    5. Ayam Goreng Prambanan (Jl. Bromo).
    6. Depot HTS Lawang.
    7. Depot Mesir Kota Batu.
    8. Ayam Goreng P.Kasan (Jatim Park).
    dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *