Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

Bulan lalu waktu ngurus STNK 5 tahun si vario, ada kabar kalau pemutihan sedang digelar sampai dengan 31 Juli 2012 di Malang. Nah si crypton yang uda jarang dipakai itu kan gagal ngurus bareng vario, jadi harus buru-buru diurus juga sebelum Juli berakhir.

Dalam pemahaman saya, pemutihan itu berarti pajak yang dibayarkan adalah yang penghapusan biaya pajak yang telat dibayar setahun kemarin. Mungkin saya agak gagal paham ya, secara belum pernah dan baru kali ini telat bayar pajak, itu pun karena motornya ngga pernah dipakai. Jadi yang saya pikir hanya bawa uang untuk bayar pajak tahun ini aja.

Dan ternyataaaaa…. Saya harus bayar pajak tahun 2011 & 2012. Walau tanpa denda, kan ya jadi bingung juga karena 2x bayar pajaknya. Trus aku kudu piye? Wong duitnya kurang. Wong tu SAMSAT di pucuk pinggir kota yang ga ada atm BCA. Wong ya hari gini kok ga bisa gesek sih? Malah nyalahin, hehehe. Ya ini karena saya kurang tau. Kurang bertanya. Yang penting terbayar deh hari itu juga.

Barusan saya googling, dan memang pemutihan itu bebas denda + bebas pajak tahun sebelumnya jika sebelum jatuh tempo.

“Ini ada mobil lama, yang pajaknya terlambat sejak tahun 2010. Nah, pemiliknya hanya membayar pajak tahun berjalan, sesuai jatuh tempo pajak mobil tersebut, yakni Rp 390 ribu. Sedangkan pajak yang terlambat senilai Rp 780 ribu dan denda Rp 179.400, dibebaskan,” jelas Bambang Yulianto sambil menunjukan salah satu lembar PKB yang sudah diputihkan.

Dari sini.

Si crypton telat juga sih dari tanggal harusnya terbayar. Jadi harus bayar pajak tahun lalu, dan untuk setahun ke depan berjalan. Kalau ada yang bisa membantu mencerahkan, mohon saya dibantu dijelaskan. Soalnya yang bagian kasir waktu saya tanya kok bayar dua kali dia bersikap defensif. Ngga asyik kalau bengkerengan di dalem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>