Uniknya Resto Inggil #OblongMerahMuda

Restoran Inggil di belakang Balaikota Malang adalah signature resto kota Malang yang sangat diminati wisatawan mancanegara. Dikenal dengan koleksi benda-benda kuno yang bernilai tinggi, resto Inggil memang memberikan nuansa tersendiri untuk pilihan kuliner wisatawan.

Saya belum menemukan sesuatu yang khas dari Resto Inggil karena ini baru pertama kalinya saya main ke sini. Menghirup aroma benda-benda lawas di antara keriuhan peserta OblongMerahMuda yang hadir di rangkaian acara Jelajah Kota bersama Bapak Dwi Cahyono dari Resto Inggil. Dalam hati saya juga bersyukur, akhirnya mampir ke Inggil juga. Menuju ke sini memang gampang, tapi saya belum merasa klik dengan tempat ini sampai acara OblongMerahMuda berlangsung. Semua yang ada di Resto Inggil menyambut ramah. Mulai dari benda-benda kuno hingga penarinya.

Kata Pakdhe Blontang di video klip makan siangnya, konsep bangunan Resto Inggil ini seperti tobong ketoprak. Segera saya googling dan sedihnya, ternyata ada grup ketoprak tobong yang pamit mati karena tergerus modernisasi budaya. Dari Jogjasiana, Ketoprak Tobong adalah pentas ketoprak yang tempat pentasnya berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Perpindahan tersebut meliputi hampir seluruh perlengkapan pentas, baik pemain, kostum, dekorasi, pengeras suara, dll. Yang dimaksud dengan tobong sendiri adalah bangunan tempat pentas, sekaligus tempat tinggal para pemain ketoprak.

Pengetahuan baru lagi buat saya. Jadi pengen tau lebih banyak lagi tentang uniknya Resto Inggil dan kepengen ke Jawa House (cmiiw), tempat yang disuggest guide Yayasan Inggil untuk mendalami kerennya budaya arsitektur Jawa.

Mau tau suasana Resto Inggil yang direkam sama Pakdhe Blontang?

PS: Acara ini diselenggarakan oleh BloggerNgalam.

Inggil Museum Resto

Jalan Gajahmada 4 Malang
Telp/fax 0341-332110
Email: inggilresto@yahoo.com
Www.Inggil.com

 

 

 

18 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *