Tepat tanggal 24 Desember 2011 kemarin, Sugoi Tei merayakan ulang tahunnya yang pertama. Sejumlah rangkaian acara digelar untuk menyemarakkan program sushi for everyone.

Salah satu yang saya ikuti adalah Sugoi Tei Sushi Cooking Class. Dengan biaya terjangkau, semua bahan disediakan, alat juga lengkap, saya diajarkan membuat 3 macam sushi. Kani Maki, California Roll, Avocado Roll.

Sushi sendiri jenis makanan dari Jepang yang biasa dihidangkan saat pesta besar. Jadi tidak semua orang mampu mengonsumsi sushi karena harganya cukup mahal. Peralatan untuk membuatnya juga mahal, apalagi pisau khususnya itu bisa sampai ratusan ribu harganya. Makizu atau tatakan untuk meroll sushi sebaiknya dilapisi wrapping plastic agar tidak lengket di bilah bambunya.

Kani Maki adalah basic sushi. Dengan lembaran nori yang dilapisi beras Jepang dan diisi dengan crab stick. Mudah. California Roll, posisi nasinya berada di luar, jadi lapisan nasi di atas norinya harus dibalik, diisi alpukat dan mayonaise baru digulung dan diberi topping tobiko atau telur ikan terbang. Advance. Yang paling susah adalah Avocado Roll. Alpukatnya itu loh yang licin, jadi harus mencari alpukat yang matangnya benar-benar pas.

image

bikin kani makki

Bahan-bahan sushi bisa dibeli di supermarket besar, saya rasa adanya di Lai Lai aja deh. Beras Jepang yang harganya 3x lipat beras biasa itu bisa diganti dengan beras mentik yang masih asli. Atau cara mudahnya campur beras biasa dengan beras ketan agar cukup lengket. Nasi Sushi siap dimasak jika setelah dimasak, ditunggu agak dingin dan dicampur dengan cuka Jepang. Tutup dengan plastik agar tidak cepat rusak. Nasi sushi yang tersimpan rapat bisa digunakan sampai 1×24 jam.

Isiannya bisa diganti yang lain kok kalau mau coba-coba. Karena fusion roll sushi adalah kreasi dari pemasak sushi dengan bahan apa yang tersedia.

Mumpung lagi punya cumi, sepertinya saya pengen bikin deh. Sushi Cumi Teriyaki?

(NengBiker/WP for BlackBerry)