Tips Cepat Belajar Nyetir

Sebagian orang bilang, nyetir itu gampang. Nyetir motor Nyetir mobil, bahkan nyetir panser. Sebagian lagi bilang nyetir itu susahnyaaa minta ampun. Lawannya banyak lah.. Susah ganti gigi lah.. Kamu sendiri belajar nyetir berapa lama?Aku belajar nyetir motor sehari. Diserahi motor, diajari ganti gigi, ngerem, dah lanjut di jalan latian naik turun gunung pas masi tinggal di deket Pantai Ngliyep sana. Aku belajar mobil, sejam cukup. Diajari ganti gigi, kopling, liat spion. Jalan. Ikut Natuna Latihan Mengemudi hanya biar ngga eman kalo di jalan mberet-mberet. Sampe sering ditinggalin sama instruktur gara-gara uda bosen ngajari yang uda bisa.

Kamu? Adekku aja lama banget bisanya. Beda memang sama yang belajar dari kecil ama yang uda gede baru megang. Ngajarin motor dulu lamaaaa banget. Apalagi ngajarin mobilnya. Sampe jantungan gara-gara dia sering langkah tegap maju jalan gitu mobilnya. Berkali-kali cuman bisa bilang, liat dong caraku nyetir.

Memang, belajar lah dulu dari melihat. So here’s some tips kilat belajar nyetir mobil dan motor:

  • LIHAT dulu perilaku orang berkendara di jalan. Motor biasanya begajulan, jadi jangan menjadi bagian dari mereka. Mobil biasanya anteng-anteng, so pilih deh mau belajar yang mana
  • Mobil? Lihat dulu orang terdekat yang sering bawa mobil di ruma. Ingat-ingat dimensi kendaraan sebelum masuk mobil. Paskan dulu spion kanan kiri dan atas juga jangkauan kaki dari kursi ke pedal. Ingat-ingat cara orang terdekatmu menyetir. Pertama pasti akan niru, tapi nanti seiring jalan kamu bakal nemu gayamu sendiri. Belajar dulu maju, mundur, dan keseimbangan pedal gas + kopling. Tidak berlaku untuk mobil matic. Kemudian belajar belok, putar U, dan berhenti. Belajar untuk parkir itu kadang susah, ingat-ingat film Fast n Furious yang pinter-pinter itu. Dan melajulah di jalan
  • Motor? Pilih dulu mau motor apa. Saranku untuk belajar pakailah motor bebek jangan matic. Belajar masuk gigi sambil tetap konsentrasi ke jalan jangan lihat ke kaki. Gunakan spion. Pakai helm, sepatu dan jaket. Belajar motor lebih sering bundas. Jika sudah paham berkendara dengan motor manual, boleh lah belajar motor kopling seperti tiger, vxion. Jangan matic dulu. Rasakan alur motor los ngga pake gigi dengan belajar ngopling. Setelah paham, belajarlah matic. InsyaAllah lebih cepat lancar.

Sebelum turun ke jalan, lihat lagi kemampuan diri. Orang yang cenderung latah dan kagetan sepertinya susah untuk cepat adaptasi. So, ukur kemampuan diri ya. Nda usa maksa banyak temen yang suda bisa nyetir dan kamu kudu bisa nyetir. Tanggung jawab di jalan itu besar. Kamu yang biasa multitasking memang bisa nyetir motor sambil smsan, tapi itu tandanya kamu ngga tanggung jawab sama hidupmu, kendaraanmu, dan pengendara lain.

Don’t be so selfish at street. Jalan itu neraka buat mereka yang egois.

Sharing after reading, yes?

14 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *