The Sexy Aprilia RSV 4

aprilia rsv 4

Tahun 1999 lalu, Aprilia sempat membuat kejutan dengan meluncurkan RSV Mille yang dalam waktu singkat menggeser pesaing dekatnya, Ducati. Sepuluh tahun kemudian pabrik motor asal Italia ini kembali membuat gebrakan yang sama dengan memproduksi Aprilia RSV 4 ini. Dengan suntikan dana dari Piaggio, maka proyek ambisius inipun dapat diwujudkan.

Bicara soal ambisi, mengucurkan dana sebesar 25 juta Euro untuk memodali produksi Aprilia RSV 4 ini memang bukan sebuah pekerjaan main-main. Hanya satu gol yang menjadi tujuan Aprilia saat itu: membuat sebuah super bike yang tak dapat ditandingi oleh pabrik lain. Dan melihat spesifikasi maupun performa dari motor yang satu ini, sepertinya klaim itu tidaklah terlalu berlebihan.

Aprilia RSV 4 ini pertama kali dipamerkan pada tanggal 22 Februari 2008 lalu dalam acara International Piaggio Group Convention yang diadakan di Milan, Italia. Dirancang secara spesifik untuk turun di superbike race, motor ini sekaligus juga menandai pertama kalinya Aprilia meluncurkan motor dengan mesin bersilinder empat. Kabarnya dapur pacu motor ini sanggup menghasilkan tenaga lebih dari 200 daya kuda.

Mesin 1.000cc bersudut 65° ini memang mampu menghasilkan tenaga sebesar 200 daya kuda dan mampu menggapai kecepatan maksimal 290km per jam. Tenaga mesin disalurkan ke roda belakang menggunakan rantai setelah melewati sistem transmisi enam percepatan yang dapat dibongkar pasang. Meski menggunakan mesin empat silinder, namun mesin Aprilia RSV 4 ini terlihat cukup kecil.

Konon, para desainer chassis memang meminta divisi mesin untuk membuat bagian ‘jantung’ ini sekecil mungkin agar mereka bisa membuat lengan ayun belakang lebih panjang tanpa membuat seluruh bodi motor jadi lebih panjang. Kombinasi swingarm yang panjang dengan jarak wheelbase sependek mungkin ini dimaksudkan untuk mencapai traksi maksimal roda belakang sekaligus membuat motor jadi lebih lincah.

Tujuan akhir tentu saja membuat seluruh bodi motor ini seringan mungkin agar tak membebani mesin. Dari hasil kerja keras tadi, bobot akhir mesin dapat ditekan hingga mencapai 179kg saja. Bobot yang cukup ringan bila mengingat motor ini menggunakan mesin empat silinder 1.000cc. Tentu saja untuk bisa memiliki masterpiece Aprilia ini Anda harus rela merogoh saku lebih dalam karena motor ini dilepas dengan harga sekitar 15 ribu Poundsterling atau setara dengan Rp250 juta lebih.

fron : kapanlagi.com-aprilia rsv4 ambisi mengulang prestasi satu dekade

Sharing after reading, yes?

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *