KTM RC8R, Watch Your Tail

nungging is the best
nungging is the best

Sudut-sudut tajam menghiasi sekujur tubuh KTM RC8R ini dan membuat motor ini berkesan sangar. RC8R ini dibangun berdasar KTM RC8 yang sudah tergolong radikal. Itu pun masih ada beberapa modifikasi yang dilakukan KTM untuk membuat motor ini lebih unggul dari generasi pendahulunya itu.

Nama KTM memang identik dengan motor konsumsi off road meski tahun-tahun belakangan ini mereka juga mulai membidik pasar street bike juga. KTM didirikan di Austria pada tahun 1934 namun baru dua tahun kemudian baru memproduksi sepeda motor. Nama KTM mulai melejit ketika motor-motor yang mereka buat mendominasi rally kelas dunia macam Paris-Dakar dan Atlas-Rally.

KTM RC8R ini masih tetap menggunakan mesin empat langkah dua silinder seperti pada RC8, bedanya kapasitas ruang bakar ditingkatkan dari 1148 cc menjadi 1195 cc. Hasilnya, mesin motor ini mampu menghasilkan daya sebesar 159,34 bhp dan mencapai kecepatan maksimal 270km/jam lebih. Tapi bukan hanya kapasitas ruang bakar saja yang mendapat perhatian KTM. Bobot total motor ini juga dipangkas sekitar 2kg sehingga beban mesin sedikit berkurang.

Selain meningkatkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin, KTM juga memperbaiki handling motor ini dengan mengubah sudut garpu depan hingga trail mencapai 97mm. Jarak trail ini diambil dengan perhitungan perimbangan antara stabilitas saat digunakan di jalan lurus dan kelincahan saat di tikungan. Wheelbase juga berkurang sekitar 5mm sehingga performa motor ini di tikungan jadi lebih mantap lagi.

Dari segi fisik, tak banyak perubahan yang terjadi pada KTM RC8R. Bentuk KTM RC8 masih tetap dipertahankan meski di beberapa bagian ada sedikit penyesuaian. Yang membedakan KTM RC8R ini dari kebanyakan motor memang adalah penggunaan sudut-sudut tajam pada fairing dan tangki bahan bakar yang memang jarang diaplikasikan oleh produsen motor lain. Selain sudut tajam, yang jadi ciri khas motor ini adalah ‘ringkas’. Knalpot misalnya disembunyikan di bawah mesin dan hampir tak terlihat dari luar.

KTM RC8R ini juga memungkinkan Anda mengubah posisi duduk dengan cara menyesuaikan posisi footrest dan stang kemudi. Tapi jangan terlalu berharap untuk mendapatkan posisi yang benar-benar nyaman karena motor ini memang tidak dirancang untuk touring. Pendek kata, KTM RC8R ini memang handal buat kebut-kebutan namun bukan untuk perjalanan jauh. KTM melepas motor ini dengan banderol harga US$23 ribu atau sekitar Rp250 juta lebih.


SPESIFIKASI:

Engine : 1195 cc 2-cylinder, 4-stroke, V 75°
Transmission : 6 gears, dog clutch engagement
Frame : Chromium-Molybdenum trellis frame, powder-coated
Trail : 97 mm
Wheel base : 1425 mm
Ground clearance : 110 mm
Seat height : 805/825 mm
Tank capacity : approx. 16.5 liters/3.5 liters reserve
Weight : approx. 182 kg
Situs Resmi : www.ktm.com

*kopas dari KapanLagi.com*

nengbiker says : hey.. ga cucok bwt turing! 250jeti mending beli tiger dapet 10. huhuhu

Sharing after reading, yes?

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *