Modification

Jadi pengen nambain kategori lagi nih, yups, modifikasi a ka modif aja. Karena ada suatu dan lain sebab seperti harga bahan bakar yang semangkin mahal dan aksesoris motor yang semangkin menggoda aja untuk di tanem di motor, sepertinya neng harus mengikuti kata hati, ya.. MODIF!

 

Vario as a daily use untuk ngantor sudah beberapa kali kena oprekan dari umurnya yang belom ada setaun. Tampilan so pasti uda ngga standar, semprot sana-sini, kasi aksesoris, dan taraaaaa…vario merah itu bertampang ganas dan rada buta di malam hari setelah lampunya diganti white xenon dan kacanya sudah di smoke setengah item ^^. Ngganti ban berdiameter besar yang konsekuensinya harus nggedein setelan gas agar lebih responsif. Dan setelan gas itu juga berkonsekuensi untuk memboroskan bensin, maka setelan magnet di majukan [ ga tau banget tujuannya apa ]. Juga sempet ngeliat waktu mbongkar CVT. bagi penggemar matic tau dong. sumkinda timing belt gitu ya? hehehe, kan matic digerakkan pake timing belt bukan rantai. gitu ya? hehehe. Intinya, vario ini buanter sampe sempet kejar-kejaran sama zx130 berwarna biru dan neng yang menang, hehe…

 

Oprekan selanjutnya adalah ngganti karburator. Belom terlaksana soalnya masih belanja belinji. Beli aja karbu rx-king yang tarikannya untuk motor maling itu. Ga usa beli yang ori, bisa kena 600rebu. Mending yang biasa-biasa aja. Ntar bisa di stel sana-sini. Modal ga sampe 150rebu. Dan kabarnya, dengan karbu rx-king, tarikan vario lebi mantap juga lebi irit bensin. Karena bawaan pabriknya pakai karbu vacum, jadi penyesuaian tarikan gasnya butuh banyak langkah dan lebih memboroskan bensin.

 

Baiklah hai vario, besok kau di parkir di bengkel saja yah…

update 26 juli : karbu selesai di tanam. biaya ga sampe 100, msi kembali 15ribu. tarikan enteng. tapi masi belom stabil. @80km/jam mbrebet. @30km/jam ndut-ndutan. mending jalan 60an deh. kudu setel lagi sampe pas. eh yang pasti getaran mesin sangat jauh berkurang. jadi lumayan halus [kalah sama suara knalpot sih ^^]. bensin irit. ga puas nyoba tarikannya, malang kemaren sore crowded banjet!

besok masuk bengkel lagi!

update 28 juli : karbu selesai di uji coba 1 hari. pagi lancar. isi 15500 sekitar 2,8liter sudah dipakai jalan hampir 75km tanki masih 1/2.  minggu malem karena dingin membeku di rumah rama, kudu ngengkol lagi. masih terlalu irit sama bukaan angin kurang buka. tarikan enteng. ringan banget. kayak bebek biasa tapi ga kudu ganti gigi.

pagi tadi stateran rada susah pas mo nganter sekolah. ngengkol terlalu bersemangat soalnya sudah telat. well.. karena wonder woman, keknya setelan ngengkolnya kurang halus. sentakannya terlalu keras sampe keluar dari engselnya. hahahahaha… jadinya hari ini ngandang dirumah ^^.  telepon bengkel untuk servis dirumah. we’ll see ntar sampe ruma da beres lom.

just in case, modif ganti karbu pke rx king ini kami uji coba pada 2 skuter vario keluaran tahun yang sama, dengan hari pembelian yang sama.  punya sahabat neng sudah lancar karena dia ngandang seminggu sebelum neng ganti. biar bisa gantian nganter pulang getoo. untuk dapet setelan yang sekarang >> ringan, irit bensin, stabil, dan kenceng >> dia kudu bolak balik semingguan. memang kudu telaten nyetelnya. tunggu update-an selanjutnya.

 

 

 

Sharing after reading, yes?

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *